Mohon tunggu...
Khofipah Indra Para Wansa
Khofipah Indra Para Wansa Mohon Tunggu... Selamat datang di blog Khofipah

Lakukanlah hal yang positif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manajemen Keuangan bagi UMKM

22 April 2021   00:10 Diperbarui: 22 April 2021   00:22 53 0 0 Mohon Tunggu...

Penulis :
Nama: Khofipah Indra Para Wansa
NIM : 201910160311096
Jurusan/ kelas : Manajemen FEB/4B

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktu. Perkenalkan nama saya Khofipah Indra Para Wansa dari fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Manajemen, di sini saya akan menjelaskan "Apa itu Manajemen Keuangan bagi UMKM?" 

Kita harus mengetahui pengertian Manajemen keuangan dan UMKM. Manajemen keuangan adalah suatu proses dalam mengatur aktivitas atau aktivitas keuangan dalam suatu bisnis. Termasuk merencanakan, menganalisis, dan mengendalikan kegiatan keuangan.

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pemerintah menetapkan definisi UMKM dan kriterianya dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Selain itu, anggaran dapat menjadi modal dasar bagi UMKM untuk memperoleh keputusan dalam tata kelola usaha kecil, termasuk keputusan perkembangan pasar, perkembangan harga, dan perkembangan harga, serta kreditor. Anggaran juga dapat digunakan untuk menyiapkan berbagai proyeksi, meramalkan proyeksi kas masa depan, mengendalikan biaya, mengukur dan meningkatkan produktivitas serta memberikan dukungan untuk proses produksi.

Hal lain, Manajemen keuangan bagi UMKM juga dapat dilihat dari empat hal pokok dalam konsep pengelolaan keuangan perusahaan, antara lain: perencanaan keuangan, pencatatan keuangan, pelaporan keuangan dan pengendalian keuangan.

Manjemen keuangan UMKM sangat penting bagi seluruh pelaku UMKM, karena keuangan merupakan hal yang utama saat dalam menjalankan bisnis, dalam menjalankan UMKM para pelakunya harus terus meningkatkan kapasitas diri dalam hal pengetahuannya dan juga pemerintah harus lebih gencar untuk melakukan penyuluhan dan pendampingan dalam menuntaskan masalah-masalah yang di hadapi UMKM salah satunya adalah tentang manajemen keuangan

Kesimpulannya, Manajemen keuangan sangat penting bagi UMKM karena sangat mempengaruhi kelangsungan menjalankan UMKM, tanpa Manajemen keuangan seseorang tidak dapat menjalankan usaha dengan mudah, karena harus ada pengelolaan keuangan untuk mengendalikan biaya yang dikeluarkan oleh usaha kecil atau pengusaha, dapat mengembangkan pasar harga, dan keputusan pembangunan pasar.

Link youtube Prodi Manajemen: youtube.com

Website Prodi Manajemen UMM: manajemen.umm.ac.id

Link youtube Lab Manajemen UMM: youtube.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x