Mohon tunggu...
Khofifatul jannah
Khofifatul jannah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Memahami Perilaku Individu dan Perilaku Kelompok

30 September 2021   23:52 Diperbarui: 30 September 2021   23:56 535 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia meiliki karakteristik yang berbeda-beda tentu dengan perilaku yang amat berbeda setiap individunya. perilaku organisasi sangat penting untuk difahami baik untuk para manajer maupun pekerja. karena ketika kita sudah memahami perilaku individu dan kelompok dapat membuat kinerja pegawai semakin maksimal. maka dari itu kita akan kupas secara terperinci mengenai perilaku individu dan kelompok.

apasih perilaku individu itu ?

perilaku individu adalah suatu karakter individu yang melekat pada diri individu yang berinteraksi dngan karakter individu yang lain. sehingga dapat mengahasilkan suatu komunikasi atau perilaku yang secara tidak sengaja terbuat. 

sedangkan perilaku kelompok adalah suatu intraksi antara satu orang atau lebih dengan tujuan yang sama. pada perilaku kelompok inoi anggota harus melebihi 2 orang atau lebih agar bisa disebut dengan kelompok.

kelompok berbeda dengan tim kita sering banget mengatakan kalau kelompok itu sama seperti tim padahal sangat berbeda. kalau kelompok itu bisa mendahulukan kepentingan pribadi jadi, kita dapat memenuhi kepentingan kita ketia berada dalam kelompok. beda lagi dengan tim, tim memiliki asas kepentingan tim harus didahulukan diatas kepentingan pribadi. oleh karena itu kelompok sama tim itu berbeda ya. jangan sampai salah lagi..

Nah lanjut ke pembahasan kita tadi, setelah kita mengetahui apa itu penegrtian dari kedua perilaku organisasi maka kita dapat mengetahui apa sih kegunaan atau manfaat dari mengetahui perilaku individu dan kelompok ini.

1. munculnya kemampuan baru bagi setiap individu 

ketika kita saling berinteraksi dengan karakter individu yang berbeda maka kita dapat menambah wawasan kita atau skil baru kita.

2. adanya ikatan kekeluargaan

perilaku setiap individu maupun kelompok pastilah berbeda-beda karena Tuhan yang maha kuasa menciptakan kita dengan sifat yang berbeda-beda dengan adanya kepentingan yang sama atau tujuan yang sama akan menimbulkan rasa kekeluargaan antar individu maupun kelompok dengan atau tanpa kita sadari. 

3. saling ketergantungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan