Mohon tunggu...
Kharisma Utami
Kharisma Utami Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

11 Agustus 2020   23:55 Diperbarui: 12 Agustus 2020   00:12 179 4 1 Mohon Tunggu...

ABSTRAK 

Munculnya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia tidak hanya berdampak pada kesehatan melainkan juga terhadap perekonomian dunia. Beberapa negara pun telah menyatakan mengalami resesi akibat dampak dari melemahnya perekonomian dunia. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menerapkan berbagai kebijakan dengan tujuan mencegah terjadinya pelemahan ekonomi yang signifikan selama menghadapi masa pandemi ini. Namun, masyarakat juga harus turut serta dalam hal ini. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah: (1)menerapkan sistem 50/30/20; (2)pemisahan tabungan; (3)menghindari pemakaian kartu kredit yang berlebihan; (4)penganggaran dana (budgeting).

Kata kunci: pandemi, ekonomi, keuangan, resesi, pelemahan. 

PENDAHULUAN

Pada 11 Februari 2020 organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Oragnization) telah memberikan konfirmasinya terkait kemunculan penyakit jenis baru yang disebut dengan istilah Covid-19 dan disebabkan oleh jenis virus coronavirus, serta mendeklarasikannya sebagai situasi pandemi di seluruh negara. Hingga pada awal bulan Agustus 2020, terdapat lebih dari 19 juta kasus penyakit Covid-19 yang telah terkonfirmasi di seluruh dunia. Pandemi ini telah menyebabkan terjadinya pelemahan ekonomi yang tentunya mengakibatkan menurunnya nilai komoditas barang dan pelemahan ekspor impor yang berkepanjangan serta menimbulkan peluang terjadinya resesi. 

Resesi merupakan keadaan dimana produk domestik bruto maupun pertumbuhan ekonomi yang dimiliki sebuah negara negatif secara berturut-turut dalam dua kuartal. Timbulnya resesi juga menjadi ancaman bagi seluruh negara di dunia termasuk Indonesia akibat dari melemahnya pertumbuhan ekonomi. Hingga pada awal Agustus 202 saja telah terkomfirmasi sebanyak 9 negara yang mengalami resesi akibat dari dampak pandemi Covid-19 dan tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia akan menyusul terjadinya resesi. 

Oleh karena itu, muncul berbagai kegiatan yang dilakukan untuk mendorong dan mengajak masyarakat untuk menyelamatkan perekonomian selama masa pandemi. Peran masyarakat dalam mengatur keuangan selama masa pandemi sedikit banyaknya akan mempengaruhi perekonomian negara terlebih dalam mencegah terjadinya resesi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendorong perekonomian masyarakat dan mencegah semakin besarnya peluang lahirnya kemiskinan selama menghadapi masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat harus bersikap sigap dalam menanggapi situasi perekonomian yang bisa saja berubah-ubah selama masa pandemi ini.

METODE PENELITIAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah tepat yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mendorong perekonomian dalam situasi pandemi saat ini. Hal ini dikarrenakan pentingnya peran masyarakat sebagai bagian dari negara dalam menggerakkan sistem perekonomian dan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi negara. 

Dalam proses pembuatannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dimana dalam pengumpulan data dilakukan tanpa terjun langsung ke lapangan melainkan menggunakan berbagai sumber refrensi terkait topik ini serta melakukan observasi dan pengamatan kondisi dan perilaku ekonomi masyarakat selama masa pandemi.

HASIL PEMBAHASAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x