Mohon tunggu...
Khairul Anam
Khairul Anam Mohon Tunggu... Seorang pembelajar sejati

Hina ketika mencari, mulia ketika di cari

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Bansos Kemensos Menjadi Tumpuan Masyarakat di Tengah Pandemi

22 November 2020   19:46 Diperbarui: 22 November 2020   19:58 18 1 0 Mohon Tunggu...

Tulisan ini merupakan asli tulisan saya sendiri dan sudah dimuat di beberapa media nasional. Saya bersaksi tulisan ini bukanlah plagiat dan saya siap mempertanggungjawabkanya.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara pastikan Kementerian Sosial (Kemensos) akan lanjutkan program Bantuan Sosial Tunai (BST) pada tahun 2021 guna ringankan beban ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.

"BST akan dilanjutkan selama enam bulan yakni dalam periode Januari-Juni 2021. Sasaran program akan meliputi 34 provinsi atau seluruh provinsi di Indonesia, jadi termasuk DKI Jakarta," kata Mensos di Jakarta pada 1 November 2020.

Direncanakan BST tahun 2021 akan menjangkau 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan indeks Rp 200 ribu/KPM/bulan. Untuk mewujudkan program tersebut Kemensos salurkan anggaran sebesar Rp 12 triliun.

Kebijakan pemerintah ini mendapat pujian dari Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB) Khairul Anam, Kemensos sejak pandemi telah bergerak cepat dan responsif untuk membantu banyak masyarakat melalui program-programnya, pihaknya juga sangat mengapresiasi atas kebijakan BST yang akan dilanjutkan selama enam bulan kedepan.

"Kerja keras tanpa kenal lelah dari Mensos (Juliari) bersama jajarannya di tengah pandemi menjadi salah satu solusi pengurai problematika sosial di tengah masyarakat, masyarakat terlayani dengan sangat baik melaui program-program yang telah dilaksanakan," papar Anam.

"Kemensos sudah banyak membantu masyarakat melalui program-programnya seperti program Keluarga Harapan (PKH), program Bantuan Sosial Tunai (BST), program Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bantuan program sembako, dan progam program lainnya," tambahnya.

Menurut Anam, Semangat Mensos Ari sapaan bekennya untuk terus melayani masyarakat sudah tak diragukan lagi, kerjanya totalitas dan tak segan turun gunung memastikan semua program Kemensos dapat berjalan sesuai rencana dan target.

"Terus berikan terbaik untuk masyarakat, kondisi seperti pandemi saat ini kehadiran negara sangat dinantikan, melalui Kemensos kehadiran negara sudah terjawab, dan tak pernah alpha (absen)" ungkap Anam.

Anam menilai dengan adanya program-program Kemensos masyarakat telah diringankan beban hidupnya terlebih masyarakat yang kurang mampu.

"Kemensos telah berperan meringkan beban hidup masyarakat selama ini, semoga program yang dirasakan langsung manfaat ini tetap dipertahankan, mengingat manfaatnya sangat besar," pungkas Anam.



VIDEO PILIHAN