Mohon tunggu...
Khairil Razali
Khairil Razali Mohon Tunggu... Explorer

Ngampus di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, suka travelling.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Return and Earn, Model Memulung "Bergengsi" di Kota Newcastle, Australia

26 Maret 2020   02:51 Diperbarui: 27 Maret 2020   09:39 320 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Return and Earn, Model Memulung "Bergengsi" di Kota Newcastle, Australia
Return and Earn secara sederhana Newcastle, Australia untuk mengumpulkan sampah plastik, botol, dan kaleng dari warga masyarakat. | Sumber: newcastleherald.com.au

Return and Earn secara sederhana bisa diterjemahkan "mengembalikan dan mendapatkan". Dua kata yang biasa-biasa saja namun memiliki pengaruh dalam jangka waktu cepat dan lama. 

Program sosial tapi berbayar yang digalang dan dilaksanakan oleh pemerintah Kota Newcastle dan juga mungkin ada di negara-negara bagian lainnya merupakan program mengumpulkan sampah plastik, botol, dan kaleng dari warga masyarakat. 

Tawaran earn (mendapatkan imbalan/dibayar) menjadi motivasi penting dan benar-benar mengajak warga untuk mengembalikan ketiga jenis benda tersebut.

Dengan model kontainer besi yang ditempatkan di tempat-tempat keramaian tertentu, serta dilengkapi sistem komputerisasi yang digital, dimana warga bisa mengetahui jumlah uang yang akan mereka dapatkan melalui kupon yang akan bisa ditukarkan dalam ke dalam dollar di outlet-outlet yang ditunjuk. 

Dihargai 10 sen per botol plastik atau kaca atau kaleng, tidaklah sesuatu yang sia-sia. Mengumpulkan barang-barang bekas tersebut baik di rumah atau di acara-acara keramaian, bisa memberi kontribusi yang berarti terutama bagi lingkungan di masa mendatang.

Sederhananya memang tidak terlalu besar penghargaan atas setiap benda tersebut, namun tidak berarti Return and Earn kurang peminatnya, setiap sore atau menjelang malam, rame dikunjungi warga yang mengembalikan barang-barang tersebut dan mendapatkan kompensasi yang sesuai. 

Sumber photo: sydneywideturf.com.au
Sumber photo: sydneywideturf.com.au

Dari sisi lingkungan, usaha ini akan mampu merawat lingkungan dari sampah-sampah yang sulit untuk diurai dan merusak pemandangan. Bagi habitat benda-benda tersebut juga sangat berbahaya dan merusak lingkungan dan merusak keindahan sepertinya halnya di pantai-pantai yang kita temui.

Program ini sebenarnya sama halnya dengan model-model lain menggalang sampah dari warga masyarakat, namun dengan adanya earn akan menjadi sangat memotivasi warga untuk terus aktif berpartisipasi. 

Memang tidaklah besar insentif yang akan didapatkan tapi bila itu dikerjakan terus menerus, maka akan cukup untuk mendapatkan impian-impian tertentu. Program ini juga mampu mendidik anak-anak untuk belajar "menabung" dengan mengumpulkan sampah botol atau plastik atau kaca.

Saya tidak sampai mempelajari dari mana sumber anggaran yang disediakan untuk kompensasi dari pengembalian seitan benda [sampah] tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x