Mohon tunggu...
Khadin Bangsawan
Khadin Bangsawan Mohon Tunggu... Guru - Nil Satis Nisi Optimum

Tidak ada yang lebih baik kecuali menjadi yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendampingan Individu 1 PGP A. 7 & Rencana Tindak Lanjutnya. Bandar Lampung, 21-25 November 2022.

11 April 2023   08:10 Diperbarui: 13 April 2023   09:14 9889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan Individu 1

  • Waktu: Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 1
  • Tema Pendampingan: Refleksi awal kompetensi guru penggerak
  • Fokus Pendampingan:
    • Diskusi tantangan belajar daring
    • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
    • Diskusi pembuatan kerangka portofolio
    • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak

A. Langkah-langkah pendampingan

1. Bagian awal pendampingan (20')

  1. Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak
  2. Menjelaskan tentang fokus pendampingan
  3.  Pengajar Praktik memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.
  4. Pengajar Praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu sudah disiapkan CGP.
  5. Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan apa yang telah dilakukan sebagai capaian selama satu bulan tersebut (pada saat ini, PP melakukan kroscek berdasarkan pada "Jurnal Pemantau Pembelajaran).
  6. Pengajar Praktik mengapresiasi Calon Guru Penggerak karena telah melakukan pembelajaran daring di bulan pertama.
  7. Pengajar Praktik menanyakan tentang dukungan dari ekosistem sekolahnya.

dokpri
dokpri

2. Bagian inti pendampingan (150')

  1. Tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi (30')
    Lakukan diskusi terkait harapan, kekhawatiran, dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah:
    • Setelah melakukan pembelajaran daring selama 1 bulan bersama fasilitator, bagaimana harapan dan kekhawatiran Bapak/ Ibu saat ini?
      • Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/ Ibu resahkan dan terjadi, atau belum/ tidak terjadi?
      • Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan?
    • Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran daring?
  1. Tindak lanjut hasil pembelajaran (30')
    PP melakukan diskusi dengan CGP terkait modul 1.1 dan 1.2. 
    • Diskusi terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara, dengan mengajukan pertanyaan pematik berikut ini:
      • Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang dilakukan Bapak/Ibu di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar? 
      • Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong Bapak/Ibu melakukan perubahan tersebut?
      • Bagaimana respon peserta didik Bapak/Ibu atas perubahan yang dilakukan dan bagaimana Bapak/ Ibu melihat respon tersebut?
      • Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?
      • Perubahan konkret yang telah dilakukan dalam kelas, apakah sudah dituangkan dalam jurnal refleksi mingguan (aksi nyata modul 1.1)?
    • Saat CGP melakukan aksi nyata modul 1.1 dan modul 1.2, PP memberikan layanan pendampingan kepada CGP dan melaporkan hasil pendampingan aksi nyata modul 1.1 dan 1.2 ke dalam laporan pendapingan individu 1.
  1. Pembuatan kerangka portofolio (60')
    Porthofilo yang akan dibuat oleh CGP berdasarkan panduan. Untuk mengetahui kerangka porthofolio yang dibuat oleh CGP, lakukan diskusi dan pembimbimngan terkait pembuatan kerangka porthofolio. Berikan pertanyaan pemantik berikut ini untuk mengali informasi dari CGP:
    • Media/Platform apa yang akan Bapak/Ibu gunakan untuk membuat portofolio digital?
    • Komponen apa saja yang akan dituangkan  ke dalam portofolio digital?
    • Seperti apa bentuk penyajian portofolio digital yang akan Bapak/Ibu buat? Dalam pembuatan portofolio pastikan CGP mengikuti panduan.
  1. Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak (30')
    Lakukanlah diskusi dengan memberikan pertanyaan pematik berikut ini kepada CGP Anda.
    • Kompetensi apa yang sudah baik? Jelaskan alasannya!
    • Kompetensi apa yang perlu ditingkatkan? Jelaskan alasannya!
    • Setelah Anda mengetahui umpan balik tersebut, apakah ada perubahan rencana Anda? Apa saja yang berubah?
      Berikan apresiasi dan umpan balik  terhadap laporan yang diberikan oleh CGP Anda!

dokpri
dokpri

3. Bagian akhir pendampingan (10 menit)

  1. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:
    • Apa pembelajaran atau ide baru yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah sesi pendampingan ini?
    • Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping/ pengajar praktik di pendampingan berikutnya?
  2. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.
  3. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi dalam LMS.

dokpri
dokpri

B. Kronologi dan RTL Pendampingan

Pada hari Senin sampai dengan Jumat, 21-25 November 2022, saya melakukan pendampingan individu 1 kepada para CGP. Saya sebagai PP, memeroleh tugas PI bersama 5 orang CGP. Sehingga, hal yang perlu untuk dikembangkan pada PI berikut dipikirkan saat PI 1. Selama PI, kelima orang CGP saya sangat baik dan kooperatif. Saya melihat tugas daring juga sangat baik mereka lakukan. CGP juga aktif di ruang kolaborasi dan elaborasi pemahaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun