Mohon tunggu...
Khadin Bangsawan
Khadin Bangsawan Mohon Tunggu... Guru - Nil Satis Nisi Optimum

Tidak ada yang lebih baik kecuali menjadi yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Forum Berbagi Aksi Nyata-Nilai dan Peran Guru Penggerak

30 Mei 2021   21:29 Diperbarui: 30 Mei 2021   21:37 324 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Forum Berbagi Aksi Nyata-Nilai dan Peran Guru Penggerak
dokumentasi pribadi

AKSI NYATA MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Oleh: Heri Risdiyanto, S.Pd.

CGP Kota Bandar Lampung

A. Latar Belakang

Nilai-nilai baik harus dimiliki seorang guru, karena seorang guru dapat dikatakan sebagai contoh nyata/role model sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu "ing ngarsa sung tulada" yang artinya di depan sebagai teladan. Selain itu, apabila nilai-nilai baik melekat di dalam diri guru, maka guru tersebut pastinya akan menjadi figur bagi muridnya. Sebelum menjadi figur bagi muridnya, alangkah baiknya seorang guru juga harus menentukan figur nyata yang dikagumi prestasi dan dedikasinya, yang nantinya dapat dipelajari dan dijadikan cermin.

Nilai-nilai karakter seorang guru selain dipengaruhi oleh sosok figur juga di pengaruhi oleh nilai-nilai yang berkembang di masyarakat Indonesia misalnya nilai moral, nilai sosial, nilai undang-undang, dan nilai agama. Nilai-nilai baik ini sudah tertanam di dalam masyarakat bangsa Indonesia. Seperti yang telah diketahui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya, bangsa yang memiliki adat istiadat, akhlak mulia dan sifat gotong royong. Namun, dikarenakan adanya arus globalisasi, yang berdampak pada hilangnya nilai-nilai baik di masyarakat Indonesia, tidak terkecuali nilai-nilai baik itu secara perlahan-lahan hilang dari dalam diri guru, bahkan tidak sedikit mereka yang sudah menjadi guru peranannya hanya di sekolah saja, karena menganggap guru itu adalah sebuah pekerjaan. Padahal peran guru sangat penting selain di sekolah, masyarakat, bahkan negara.

Untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia, pemerintah telah membuat berbagai peraturan tentang guru diantaranya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang di dalamnya terdapat empat kompetensi dasar yang harus dimiliki guru. Empat kompetensi dasar itu adalah kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial. Empat kompetensi ini berpengaruh pada pengembangan nilai dan peran seorang guru.

Sesuai dengan harapan pemerintah Indonesia, bahwa guru adalah jabatan dinamis yang menyatu dengan lingkungan dan senantiasa berkembang secara terus menerus baik secara vertikal maupun horizontal. Dengan kompetensi yang melekat pada dirinya, guru akan mampu berkinerja secara efektif tidak hanya di kelas ataun dalam lingkungan sekolah, akan tetapi mampu berkinerja dalam lingkungan yang lebih luas menembus dinding tembok ruang kelas. Seperti yang di inginkan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu "merdeka belajar". Belajar tidak hanya di dalam kelas tetapi bisa jadi di luar kelas, dimana saja tanpa batas, tanpa kehilangan jati dirinya, yaitu manusia Indonesia yang berbudaya.

Nilai dan peran guru ini dikembangkan di dalam program guru penggerak yang terdapat dalam modul 1.2. Terus terang modul ini, teramat bermanfaat sekali bagi penulis, sebagai bagian untuk merefleksi diri. Betapa banyak kekurangan yang terjadi dalam diri penulis sebagai manusia, guru, dan bagian dari masyarakat. Nilai dan peran guru ini juga mengajak kaum guru untuk mengeksplorasi dan berkolaborasi dalam perencanaan perubahan nyata di lingkungan masyarakat. Nilai-nilai guru penggerak. yaitu: mandiri, reflektif, kolaborasi, inovatif, dan berpihak pada anak.

B. Merumuskan Nilai-nilai Diri yang Selaras dengan Upaya Pertumbuhan Murid Merdeka

Nilai-nilai pribadi adalah hal yang penting bagi penulis. Setiap orang unik, mereka memiliki nilai-nilai pribadi sendiri, sehingga mereka berbeda dengan yang lainnya. Ada yang memiliki nilai kejujuran, nilai kompetensi, nilai kerjasama, nilai sosial, nilai kemanusian, dan nilai lain-lainnya. Cara untuk menilai pribadi kita sendiri, yaitu dengan menanyakan dalam hati, apa yang membuat saya merasa baik? Itu adalah tempat yang baik untuk memulai ketika mencari tahu apa nilai-nilai diri kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN