Mohon tunggu...
Khabibatul Udzma
Khabibatul Udzma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semuanya, semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Nilai-Nilai Pancasila dalam Membendung Paham dan Gerakan Radikalisme, Intoleransi atau Perilaku Korupsi dalam Berbangsa dan Bernegara

18 Januari 2022   17:51 Diperbarui: 18 Januari 2022   21:01 126 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Khabibatul Udzma

NIM: 211420000530

Kelas: 1PS1A

Mata Kuliah: Pancasila

Prodi: Perbankan Syariah

Universitas: UNISNU Jepara

Abstrak

Pancasila adalah ideologi negara indonesia yang dalamnya terkandung nilai -- nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan dan keadilan. Tetapi pada zaman berakhirnya masa orde baru dan era reformasi tahun 1998 muncul fenomena yaitu dihapuskanya kebijakan sosial nilai nilai pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kekesongan tersebut yang memicu munculnya paham dan gerakan radikalisme di indonesia. dari sudut pandang agama, islam adalah agama yang mengajarkan toleransi, yang menjunjung tinggi nilai -- nilai kemanusiaan dan kekeluargaan. Oleh karena itu munculnya paham dan gerakan radikalisme di indonesia yang akan menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat, karena paham tersebut cederung mengarah kepada kekerasan yang menentang nilai -- nilai ideologi terhadap kelompok -- kelompok keagamaan.

Indonesia adalah negara yang berdaulat memiliki keragaman budaya dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda -- beda tetapi tetap satu jua. Akan tetapi akibat perkembangan zaman banyak isu atau desas desus mengenai paham intoleransi di kalangan masyarakat. Paham radikalisme dan paham inteloransi sama -- sama sifat fanatisme yang berakibat buruk di kalangan masyarakat. Tindakan atau ajaran ini harus di cegah agar dapat terwujudnya kedamaian bangsa indonesia.

Adanya agama di indonesia mengajarkan manusia akan menjadi pribadi yang berbudi pekerti yang baik dan menjadikannya lebih dekat dengan tuhannya. Pada zaman sekarang kita akan sadar banyak permasalahan pada lembaga kenegaraan salah satunya adalah tindak pidana korupsi. Korupsi merupakan penyakit sosial yang bukan hanya ada di lembaga kenegaraan saja tetapi banyak lagi salah satunya dunia pendidikan. Tanpa kita sadari praktek korupsi dilakukan oleh siswa seperti mencontek, memberi contekan, dan masih banyak lagi. Dalam permasalahan ini yaitu nilai -- nilai pancasila dalam membendung paham dan gerakan radikalisme dalam, intoleransi dan perilaku korupsi akan di bahas dalam essay ini.

Pembahasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan