Mohon tunggu...
Kezia Tesalonika
Kezia Tesalonika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Studies - Public Relations

Hello, welcome to my page, my name is Kezia Tesalonika. I'm President University Student and majoring in Communications (Public Relations)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Uniknya Jurusan Ilmu Komunikasi di President University

9 November 2021   17:15 Diperbarui: 9 November 2021   17:30 259 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
 Komunikasi President University/dokpri

President University memiliki 16 jurusan yang terbagi menjadi 4 kategori fakultas. Terdiri dari Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Humaniora. Mari simak bersama beberapa jurusan yang terbagi di dalam masing-masing fakultas. Mulai dari Fakultas Bisnis memiliki 4 jurusan yaitu, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Bisnis, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Aktuaria. 

Sedangkan Fakultas Teknik terbagi menjadi 5 jurusan, yaitu Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Elektro, dan Jurusan Teknik Lingkungan. Selanjutnya Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas ini memiliki 3 jurusan. Mulai dari Jurusan Visual Komunikasi dan Design, Jurusan Teknologi Informasi, dan juga Jurusan Sistem Informasi. Dan yang terakhir Fakultas Humaniora. Fakultas ini juga memiliki 4 jurusan yaitu, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Hukum, Jurusan Hubungan Internasional, dan Jurusan Ilmu Komunikasi. 

Nantinya di setiap jurusan akan terbagi lagi menjadi beberapa jenis konsentrasi. Hari ini kita akan menyimak beberapa keunikan dari sebuah jurusan yang datang dari Fakultas Humaniora. Jurusan Ilmu Komunikasi, merupakan jurusan yang biasanya dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Mereka biasa menganggap jurusan ini merupakan jurusan kerjanya cuma bicara saja. Tapi jangan salah di dalam Jurusan Ilmu Komunikasi President University, nantinya akan terbagi menjadi 3 konsentrasi. Mulai dari Jurnalis, Hubungan Masyarakat, dan juga Film dan Televisi. Beberapa konsentrasi tersebut mungkin terdengar mudah untuk dipelajari, namun masing-masing konsentrasi memiliki kesulitan nya tersendiri. 

Hiu Sebagai Maskot Komunikasi President University

Di President University masing masing jurusan mempunyai maskot. Maskot dari Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan ikan hiu, kami biasa menyebutnya dalam Bahasa Inggris yaitu sharks.  Mengapa ikan hiu? Karena ikan hiu merupakan rajanya lautan, meskipun kini jumlahnya sedikit, namun ikan hiu tetap diakui atau dihormati. Karena jumlahnya yang sedikit, hiu biasanya kompak. Sedangkan hubungan ikan hiu sebagai maskot Jurusan Komunikasi melambangkan kebersamaan yang erat sesama anak komunikasi. Meskipun komunikasi memiliki mahasiswa yang lebih sedikit dibandingkan dengan jurusan lain, namun acara-acara yang digarap oleh mahasiswa komunikasi  seringkali dilirik oleh mahasiswa jurusan lainnya. 

Dengan memiliki mahasiswa yang tidak terlalu banyak, membuat kami bisa selalu mengedepankan kekeluargaan. Baik itu di dalam organisasi maupun dalam pembelajaran di kelas. Bahkan antar angkatan juga selalu berusaha untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Biasanya setiap ada mahasiswa baru kami selalu mengadakan acara untuk menyambut mahasiswa baru di Jurusan Ilmu Komunikasi. 

Seperti di awal bulan September 2021, untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2021 kami membuat acara Welcoming Day Freshman. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Jurusan Komunikasi di angkatan 2021, kami juga menyebut mereka sebagai baby sharks. Acara ini membawakan tema "The Doors Are Open" Dengan tema yang dibawakan tersebut kami berharap dapat menyambut baby sharks dengan kehangatan dan para sharks berharap  baby sharks dapat merasakan bagaimana kekeluargaan yang ada di tengah jurusan yang mereka jalani. Selain hal itu, sharks juga berharap para baby sharks dapat mulai membangun koneksi nya melalui acara sambutan mereka di tahun pertamanya. 

President University Major Association of Communication 

President University Major Association of Communication merupakan singkatan dari PUMA Communication. PUMA merupakan organisasi khusus mahasiswa komunikasi di President University. Seperti kebanyakan universitas yang memiliki HiMa (Himpunan Masyarakat) di setiap jurusannya, President University juga mempunyai organisasi tersebut. Dengan bahasa yang berbeda di President University kami menyebutnya sebagai PUMA. 

PUMA merupakan organisasi yang terdiri dari mahasiswa Ilmu Komunikasi yang bisa menjadi wadah untuk mahasiswa mengasah kemampuan nya dalam berkembang. Dengan bergabung dengan organisasi ini tentunya akan memberikan pengalaman tertentu yang tidak bisa didapatkan di kelas biasa.

Learn from Action 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan