Mohon tunggu...
Kezia Tabita
Kezia Tabita Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya sekolah di SMAN 1 Metro duduk di kelas 12 IPA 2

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Menanamkan Sikap Anti Korupsi Lewat Hidup Sederhana

9 November 2022   15:25 Diperbarui: 9 November 2022   15:30 475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Sobat Kompasiana! Bagaimana nih setelah membaca judul artikel di atas? Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata "Korupsi". Yak, secara garis besar, pengertian korupsi adalah tindakan tercela yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menguntungkan dirinya sendiri.

Kok bisa sih kita sudah tidak asing lagi dengan kata-kata itu? Ya tentu saja, karena pembahasan mengenai kasus-kasus korupsi sangat banyak di negara kita ini. Dengan kata lain, korupsi di Indonesia sangat marak dilakukan.

dikutip dari : GoodStats
dikutip dari : GoodStats

Sebagai Sobat Kompasiana jelas kita tahu sikap seperti apa yang harus kita ambil. Benar, sikap anti korupsi! Namun, bagaimana sih cara agar kita bisa menerapkan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari kita? Mari bersama kita kupas.

Untuk dapat menerapkan dan melakukan sikap anti korupsi, tentu saja sikap tersebut harus sejak awal tertanam dalam diri kita. Tapi, kembali lagi, bagaimana sih cara menanamkan sikap itu dalam diri kita?

Hayooo, kira-kira Sobat Kompasiana tahu tidak nih apa yang harus kita lakukan untuk menanamkan sikap anti korupsi dalam diri kita? 1... 2... 3... Oke waktunya sudah habis, jadi jawabannya, kita harus melakukan dan mengamalkan perilaku hidup sederhana untuk dapat menanamkan sikap anti korupsi dalam diri kita.

Kok bisa begitu? Tentu saja, karena dengan melakukan perilaku hidup sederhana maka kita akan terhindar dari rasa ketidakpuasan dari apa yang telah kita miliki, sehingga akan meminimalisir perbuatan tercela yang bisa saja kita lakukan untuk memenuhi hasrat/ego kita untuk memiliki lebih banyak lagi (serakah). Dimana, salah satu penyebab terjadinya korupsi adalah adanya rasa ketidakpuasan dari apa yang telah dimiliki, sehingga muncul rasa ingin mengambil hak orang lain. Maka dari itu, perilaku hidup sederhana dan sikap anti korupsi sangat berkaitan.

Lalu, bagaimana sih cara untuk melakukan dan mengamalkan perilaku hidup sederhana itu dalam kehidupan sehari-hari kita? Nah, Sobat Kompasiana ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengamalkan perilaku hidup sederhana yang bisa kita mulai dari hal-hal kecil. Kira-kira apa saja sih? Yuk sama-sama kita simak!

1. Mengubah Mindset

dikutip dari : oerban.com
dikutip dari : oerban.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun