Mohon tunggu...
Kezia AmeiliaSaktyani
Kezia AmeiliaSaktyani Mohon Tunggu... Pelajar

Semua dimulai dari bawah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Permen Karet Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

3 Maret 2021   15:54 Diperbarui: 3 Maret 2021   16:09 62 0 0 Mohon Tunggu...

Kebanyakan orang mengonsumsi permen karet dan membuangnya begitu saja ketika sudah tidak terasa manis tanpa tahu manfaatnya. Ini karena banyak orang yang belum tahu, ternyata permen karet memiliki banyak manfaat lho.

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri elastis atau lentur dan dapat di buat menjadi gelembung. Permen karet sangat berbeda dengan permen keras maupun permen kunyah, ini karena bahan dasar pembuatannya juga berbeda.

Permen karet berbahan dasar getah karet atau bahan sintetis yang disebut gum base. Berdasarkan sejarah permen karet bermula dari penduduk asli Amerika yaitu suku Indian yang suka mengunyah getah pohon damar yang pahit. Lalu kemudian permen karet di kembangkan dengan rasa yang manis oleh Antonio Lopez de Santa Anna pada 1871.

Permen karet yang gemar dikonsumsi anak-anak karena warna dan rasanya yang beragam ternyata memiliki manfaat yang beragam pula. Penelitian membuktikan bahwa permen karet memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Untuk anak yang kesulitan fokus atau berkonsentrasi, permen karet bisa jadi solusi untuk mengatasinya. Beberapa studi menemukan, mengunyah permen karet saat mengerjakan tugas pada awalnya merupakan distraksi. Namun, dalam periode yang panjang, kegiatan ini ternyata dapat meningkatkan fokus.

National Library of Medicine mempublikasikan bahwa mengunyah permen karet juga dapat memberikan keuntungan dari segi performa otak yang meningkat.

2. Meningkatkan Memori Otak

Studi menemukan, mengunyah permen karet saat bekerja atau belajar dapat meningkatkan berbagai aspek yang berhubungan dengan fungsi otak, salah satunya memori.

Riset mengatakan orang yang mengunyah permen karet saat ujian mengerjakan 24 persen lebih baik dalam tes memori jangka pendek, dan 36 persen dalam tes memori jangka panjang.  

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN