Mohon tunggu...
Rahna Keyza
Rahna Keyza Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

Tulisan dari seorang remaja (katanya)

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kataku tentang Kesehatan Mental

13 Oktober 2023   20:14 Diperbarui: 13 Oktober 2023   20:19 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan mental, kata itu tak asing untukku yang hidup di era ini, apalagi yang kata mereka 'Gen Z' ataupun 'Gen Y' ini mulai memakai kata kesehatan mental/mental health sebagai topik perbincangan mereka, bahkan sering juga ku mendengar mereka berkata seperti "Aduh gimana nih?? mental health gue udah ke distract banget gara gara tugas mtk".

Menurutku mereka mereka yang berkata seperti itu adalah orang aneh, menurutku mereka tak paham apa arti kesehatan mental walaupun aku juga sebenarnya tak paham apa itu kesehatan mental tapi sebagai muda mudi kini aku hanya sok tau saja, kesimpulannya gengsi takut dipikir sebagai "sipaling ga update" Tapi emang apa sih kesehatan mental itu?.

Katanya kesehatan mental itu keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mengeluarkan potensi di dalam diri masing masing, oke terimakasih google, menurutku yang saat itu masih anak anak jawaban itu sudah cukup untuk hanya menjawab rasa penasaran, namun setelah 3 tahun aku mulai memahami secara perlahan apa itu kesehatan mental, aku hidup di keluarga besar yang memiliki salah satu orang dengan gangguan jiwa, saat kecil aku pikir dia gila saja, namun lama kelamaan aku mulai mengerti mengapa dan bagaimana beliau bisa mendapat gangguan jiwa.

Aku memang tak ingin memberi tau alasannya disini, mungkin bisa di kesempatan lain, saat aku mengerti apa itu kesehatan mental, mengapa seseorang dapat terganggu mentalnya atau bagaimana cara menjaga kesehatan mental aku mulai paham, mengapa kita harus mengetahui apa itu kesehatan mental.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun