Mohon tunggu...
Kevin Hobert
Kevin Hobert Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Manfaat Eye Tracking, Sebuah Teknologi Pendeteksi Pergerakan Mata Manusia

22 November 2015   20:22 Diperbarui: 22 November 2015   21:40 1521 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penelitian yang berhubungan dengan membaca pergerakan mata menggunakan komputer atau yang biasa disebut eye tracking, merupakan teknologi yang sedang populer dalam dunia IT. Banyak sensor seperti eye tribe, intel real sense depth camera, yang digunakan untuk mendeteksi pergerakan mata seseorang.

Beberapa aplikasi yang menggunakan sensor mata digunakan untuk penelitian-penelitian mendalam dan digunakan untuk mengetahui perilaku pengguna, salah satunya saat mengakses sebuah situs atau yang biasa kita sebut website.

Gambar di atas menjelaskan tentang apa yang disebut heatmap report. Teknologi heatmap dapat digunakan untuk melihat titik fokus pengunjung situs dan berapa lama mereka melihat bagian tertentu.

Warna yang paling kuat, yaitu merah, artinya mendapatkan perhatian paling banyak, sedangkan biru menandakan bagian yang kurang diperhatikan. Dari heatmap report diatas, pemilik situs dapat melihat apakah pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung sampai atau tidak.

Dalam situs e-commerce atau pembelanjaan online contohnya, penting sekali bagi pemilik situs untuk membuat pengunjung melihat-lihat produk yang ditampilkan. Jika ternyata pengunjung teralihkan oleh objek-objek kurang penting, maka jumlah pembeli tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

 

Dalam contoh iklan Sunsilk, para peneliti eye tracking menggunakan dua jenis gambar yang berbeda. Pada foto kiri, wanita tersebut melirik kearah produk yang sedang dipromosikan, sedangkan pada foto lainnya, wanita tersebut sedang melihat ke kamera.

Setelah dilakukan percobaan terhadap beberapa orang, ternyata pengunjung situs secara tidak sadar ikut melirik ke arah produk tersebut pada contoh iklan pertama. Hal yang terlihat sepele seperti ini, dapat membuat suatu iklan contohnya, menjadi tidak optimal. Disinilah terlihat pentingnya penelitian eye tracking dalam mengembangkan suatu produk yang memiliki elemen design.

Selain heatmap report, terdapat sebuah metode kedua yang digunakan dalam penelitian eye tracking, yaitu Scanpath report. Scanpath merupakan metode eye tracking yang digunakan untuk membaca alur dan urutan pegerakan mata dari suatu bagian situs ke bagian yang lainnya.

Scanpath digunakan untuk mengetahui titik vokal dalam suatu situs. Yang dimaksud dengan titik vokal adalah bagian-bagian utama yang dilihat terlebih dahulu saat pengunjung masuk ke dalam halaman situs tersebut.

Titik vokal merupakan salah satu bagian terpenting dalam website, dikarenakan saat pengunjung website melihat titik vokal terlebih dahulu, akan menimbulkan kesan yang lebih kuat saat mengunjungi situs tersebut.

Dari fakta-fakta di atas mengenai eye tracking, pemilik situs dapat mempelajari kelemahan-kelemahan dalam situs mereka, bagian mana yang ingin dikembangkan, dan dari hasil laporan yang didapat, pemilik situs dapat mengembangkan lagi design dari situs mereka sehingga membuat pengunjung situs merasa lebih nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Salam,

Kevin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tekno Selengkapnya
Lihat Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan