Mohon tunggu...
Kesara Visual
Kesara Visual Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Fotografer Produk

Tertarik dengan segala rupa yang bersifat visual dan teknologi (dari yang bersifat teknologi kuno hingga rancangan teknologi masa depan).

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Fatal! Pelatihan Foto Produk hingga Digital Marketing untuk UMKM Tidak Boleh Jumping Step

18 November 2022   03:30 Diperbarui: 18 November 2022   03:40 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto produk hingga digital marketing sedang menjadi menu favorit yang baru-baru ini sering disajikan di kalangan UMKM sebagai santapan pelatihan. Hal ini dimulai sejak bergeraknya pasar menuju industri 4.0 yang menuntut pelaku UMKM juga harus mengambah pasar digital. Ditambah lagi dengan terjangan pandemi covid-19 yang hampir dua tahun melanda sehingga menuntut semua orang berubah. Mengurangi bahkan meniadakan perjumpaan dalam proses transaksi jual beli. Pengurangan karyawan dan kondisi pasar yang lesu menyebabkan banyak pergeseran dari yang awalnya menjadi karyawan menjadi membuka usaha baru. Banyak yang sukses berbisnis secara online namun tak sedikit juga yang gagal. Oleh sebab itu banyak bermunculan pelatihan-pelatihan pemasaran digital atau popular dengan sebutan digital marketing. Termasuk ndi dalamnya adalah foto produk sebagai elemen visual yang digunakan sebagai media mengenalkan produk yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Setiap proses yang dilalui dalam setiap kegiatan haruslah runtut dan beberapa begitu saklek tidak boleh ditukar masing-masing mata tahapannya. Termasuk dalam memberikan pelatihan foto produk dan digital marketing. Tak jarang pelatihan menjadi sia-sia karena urutannya salah atau jumping step. Baik pencari maupun penyedia pelatihan banyak yang tidak menyadari bahwa sebelum menuju ke pemasaran yang sifatnya menuju ke arah luar harus lebih dulu membereskan apa yang ada di dalam. Apa saja yang ada di dalam tentunya menyangkut segara aspek manajemen sebelum menuju manajemen pemasaran dan distribusi.

Pastikan Produk Dibutuhkan

Salah satu faktor yang sangat penting sebelum menjalankan bisnis adalah memastikan bahwa produk yang akan dijual dibutuhkan oleh pasar baik itu barang maupun jasa. Setelah tau dengan membaca data tentang kebutuhan produk maka UMKM akan bisa lebih mudah mengidentifikasi target pasar yang akan dituju. Satu poin ini saja akan sangat berpengaruh besar bagaimana produk yang dijual akan dipasarkan nantinya. Sebab dalam proses foto produk untuk kebutuhan digital marketing, target pasar yang spesifik akan sangat berpengaruh terhadap akan seperti apa tampilan visual yang nantinya akan digunakan sebagai media promosi.

Pastikan Produk Siap

Untuk industri kecil yang rata-rata masih sangat pemula banyak yang belum menyiapkan produknya dengan baik dan siap dijual. Pemastian kualitas yang dilakukan dalam tahap quality control sering lolos dari proses produksi sebelum produk dipasarkan atau bahkan didistribusikan.   Sehingga ketika hendak melakukan proses pemasaran dengan melakukan foto produk, yang didapat adalah gambar dalam rupa produk yang selesai dalam arti sempurna. Percuma saja menggunakan teknik foto dan pencahayaan yang mumpuni jika produk yang difoto tidak dalam kondisi baik, maka hasil foto produk juga tidak akan bisa sempurna.

Pastikan Kesiapan Sistem Produksi

Ketika proses pelatihan digital marketing dilakukan, jarang sekali pemateri menyematkan elemen kapasitas produksi yang dikemas dalam penyesuaian konten terhadap kapasitas atau skala industri itu sendiri. Sebagai contoh adalah digital marketing untuk jasa foto produk, sangat jarang pemateri yang mengarahkan untuk menyematkan batas antrian untuk setiap harinya atau dengan system apa antrian pelanggan akan dibuat. Pelatihan digital marketing untuk produsen batik tidak disematkan kapasitas produksi yang bisa dikerjakan dalam hitungan hari, minggu, atau bulan.

Tentu saja beberapa aspek penting lainnya masih banyak lagi yang sifatnya internal dari sebuah industri. Beberapa hal tersebut menjadi penting untuk dipastikan kesiapannya sebab dalam era digital seperti saat ini review pelanggan menjadi sangat penting. Berita baik akan cepat menyebar dan dibagikan, tapi berita buruk akan mudah terlihat. Jadi jika terjadi kesalahan dalam ranah internal yang belum siap akan dapat mengakibatkan petaka bagi sebuah perusahaan ketika review buruk pelanggan disebarluaskan tanpa bisa dikendalikan. Dalam kasus ini hal yang paling sering terjadi adalah barang yang dikirim saat diterima berbeda jauh dengan foto produk. Oleh sebab itu pastikan produk anda baik, sehingga foto produk anda akan lebih mudah dalam menyampaikan cerita pada pelanggan anda. Untuk penyedia jasa foto produk yang akan menyampaikan cerita dibalik produk anda, sudah tau kan harus kemana?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun