Mohon tunggu...
Ken MitaNabila
Ken MitaNabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya menari (modern dance)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Stop Insecure dan Ayo Mulai Self Love dari Sekarang

20 September 2022   18:49 Diperbarui: 20 September 2022   19:01 503 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Ken Mita Nabila

Nim: 202210230311023

Stop Insecure Dan Ayo Mulai Self Love Dari Sekarang

Insecure adalah perasaan cemas, ragu, atau kurang percaya diri sehingga membuat seseorang merasa tidak aman. Biasanya, orang yang merasa insecure akan merasa terlalu peduli pendapat orang lain tentang dirinya, atau bahkan membandingkan dirinya dengan orang lain. Apa sih tanda seseorang ketika sedang mengalami Insecure? Dan bagaimana cara yang harus kita lakukan ketika mengalami hal tersebut?

Insecure ini terletak dalam diri kita sendiri, seringkali orang yang mengalami insecure tidak menyadari hal tersebut. Sebab, rasa takut, cemas atau minder sebenarnya normal dialami oleh siapa saja. tanda seseorang merasa insecure yaitu misalnya ketika kita merasa rendah diri atau merasa kurang dengan penampilan kita, saat kita berkaca dan merasa bahwa diri kita ini tidak cukup sempurna, yang padahal sebenarnya tidak ada manusia yang sempurna. Yang kedua, saat kita merasa insecure dalam menjalin sebuah hubungan, kita merasa tidak pantas untuk pasangan kita. 

Yang ketiga, insecure pada pekerjaan, saat seseorang sering membandingkan dirinya dengan orang lain, merasa orang lain lebih sukses atau berpenghasilan disbanding dirinya. 

Dan yang terakhir, insecure pada kondisi sosial, biasanya orang yang merasa insecure pada kondisi sosial akan mengalami hal dimana orang tersebut terlalu mengkhawatirkan pendapat atau pandangan orang lain terhadap dirinya, merasa lebih bodoh dari orang lain, merasa bahwa kehidupan orang lain lebih baik dari hidupnya. Perasaan seperti ini dapat berkembang menjadi gangguang kecemasan sosial atau fobia sosial.

Cara yang harus kita lakukan ketika mengalami insecure adalah dengan cara mencegahnya yaitu dengan mencintai diri kita sendiri atau yang biasa disebut self love. 

Self love sangat penting untuk kita terapkan. Konsep membangun self love adalah dengan menampilkan apa adanya diri individu di Instagram sebagai cerminan di real life, menumbuhkan self love akan menciptakan kebahagiaan di masa depan, menjadi orang yang lebih percaya diri, tidak dibandingkan dengan orang lain dan tentu saja, mentalitas juga akan menguat.

Tidak sedikit orang yang mengalami insecure, terutama di kalangan para remaja. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, pemeliharaan dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. 

Hasil analisis penelitian telah menemukan bahwa dalam proses membangun self love melalui media sosial Instagram, Remaja mampu memanfaatkan Instagram dengan bijak sehingga memberikan efek positif bagi dirinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan