Mohon tunggu...
Maulida Husnia Z.
Maulida Husnia Z. Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi

Belajar menulis kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pengaruh Pola Asuh Kakek Nenek terhadap Cucunya

20 September 2018   15:42 Diperbarui: 20 September 2018   15:44 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(thelifeofsingleparents.com)

"Akhir-akhir ini saya ada masalah yang serius menyangkut anak saya". Sekiranya itulah yang dipaparkan oleh dosen Studi Al-Qur'an dan Hadist saya beberapa hari yang lalu.

Lelah bergulat dengan segala macam hadist pada hari itu, akhirnya dosen saya mengakhiri perkuliahan dengan sedikit topik pribadi. Saya masih ingat dua minggu lalu, beliau sempat bercerita mengenai anaknya yang tidak mau sekolah. Dosen saya yang notabenenya lulusan S2 PAUD, tentu sudah paham apa yang harus dilakukan (anak tersebut masih tergolong anak usia dini).

Namun, seperti yang saya katakan diatas, beberapa hari yang lalu beliau kembali mengungkit kelanjutan kisah anaknya yang enggan berangkat sekolah. Usut punya usut, ternyata alasan anak beliau tidak mau sekolah adalah soal adaptasi.

"Aku nggak mau sekolah disini, maunya sekolah di Bandung", begitu kata sang anak. Nahloh, kalau bisa sekolah di kota sendiri (Malang), kenapa harus di Bandung?

Ternyata, dosen saya yang bertempat tinggal di Malang ini memang sempat singgah di Bandung untuk waktu yang tidak sebentar. Mungkin karena saat itu beliau melanjutkan studi sembari mengajar di salah satu kampus di Bandung, sehingga alangkah praktisnya beliau memilih tinggal di rumah mertuanya di Bandung.

Karena kesibukan dosen dan istri, otomatis anaknya sering dititipkan kepada nenek dan kakeknya. Alhasil, ketika beliau sudah kembali ke kampung halaman, sang anak justru bersikeras ingin sekolah di Bandung, di Kota nenek dan kakeknya.

Saya menyadari, ternyata pengasuhan kakek dan nenek bisa sangat berpengaruh kepada cucunya. Kenyamanan itulah yang membuat sang cucu ingin bersekolah di Bandung, supaya dapat diasuh oleh kakek neneknya.

"Ya itu memang salah saya. Kesalahan yang cenderung fatal. Sesibuk-sibuknya kita, seharusnya tetap ada waktu untuk anaknya"

"Inilah yang terjadi, anak saya jadi sangat lengket dengan kakek-neneknya. Sekarang saya bingung" sesal beliau.

_______

Orang tua zaman sekarang, seringkali sibuk dengan pekerjaannya. Seakan-akan mereka lupa, bahwa malaikat kecil mereka di rumah juga perlu peran orang tua disampingnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun