Mohon tunggu...
Kelvin Cipta
Kelvin Cipta Mohon Tunggu... Programmer - Indie Game Developer

www.sarangkoding.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pengalaman Pertama Buat Game, Ikut Lomba Buat Game

18 Agustus 2020   19:36 Diperbarui: 18 Agustus 2020   19:55 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Awal mula aku terjun di dunia pengembangan game, saat itu juga aku mengikuti lomba buat game. Bermula dari ajang bergengsi compfest, aku mengawali karirku ini sebagai game developer Indonesia dari sana. Aku banyak belajar dari kompetisi itu.


Ceritanya bermula saat aku kuliah dulu. Kuliahku dulu tidak ada sama sekali hubungannya dengan IT ataupun pemrograman sama sekali. Saat itu, aku sedang mengenyam pedidikan di jurusan pajak. Ya, tidak ada sedikitpun kaitannya sama sekali.
Selama kuliah aku sering menyempatkan waktu untuk belajar pemrograman game. Dimulai dari belajar dasar algoritma nya, sampai belajar implementasi secara langsung untuk pembuatan game nya. Bahkan ketika menunggu dosen datang, dikelas aku membaca buku pemrograman.

Meskipun kuliah di jurusan pajak, aku masih dapat menjalani hobiku ini. Kebetulan aku juga bergabung dengan ekskul STANIC, semacam perkumpulan IT. Kepanjangannya STAN Informatics Club. Dari sana, aku juga bisa belajar dan berteman bersama dengan orang yang memiliki hobi yang sama.

Dimulai dari kebiasaanku belajar pemrograman di kampus, aku mencoba untuk memberanikan diri untuk segera mengikuti ajang membuat game. Melihat pembuatan game yang diberikan cukup lama. Akhirnya aku berpartisipasi dalam lomba.

Saat itu, aku tidak mengajak orang lain dalam mengikuti lomba itu. Susah untuk mencari orang yang tertarik dalam pembuatan game di kampusku. Bahkan di STANIC pun tidak ada yang tertarik dalam pembuatan game.

Akhirnya aku mengikuti lomba pembuatan game itu sendirian. Aku saat itu tidak mengincar hadiah sama sekali. Aku hanya fokus untuk pengembangan diri dan menambah pengalaman. Tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman.

Di awal pembuatan game, di lomba itu mengharuskanku untuk membuat GDD ( Game Design Document ). Kurang lebih itu yang menggambarkan secara keseluruhan mengenai game yang akan kubuat. Karena aku tidak familiar dengan hal ini, untuk pembuatan GDD pun aku harus mempelajari istilah-istilahnya lagi.

Ada banyak istilah GDD yang baru kupelajari saat itu. Dimulai dari game mechanic, gameplay, game reference, dsb. Aku mulai memahami artinya secara mendalam.

Setelah selesai membuat GDD, aku memulai proses pembuatan game. Dan saat itu aku malah membuat game bertema RPG dalam 3D. Aku yang dulu pemula sangat kesulitan dalam membuat game pertama ini.

Selagi membuat game, aku pun sambil mempelajari tutorial-tutorial di Internet untuk membuat game. Saat itu, aku sangat lelah sekali ketika harus belajar pelajaran kuliah dan belajar pembuatan game. Tapi tidak apa, apa yang kita pelajari pasti akan berguna kelak.

Singkat cerita, aku tidak juara dalam perlombaan game itu. Dan kini, aku masih aktif dalam pembuatan game. Sudah banyak game yang kubuat dan ku upload di google playstore.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun