Mohon tunggu...
Kelompok 3 KKNTLK
Kelompok 3 KKNTLK Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

KKN Lingkar Kampus Utama Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tematik Undip Melakukan Pengadaan Peralatan Kebersihan di Sekolah Dasar untuk Mendukung Sekolah Adiwiyata

2 Desember 2022   13:00 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:00 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Semarang - Universitas Diponegoro menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Lingkar Kampus Utama yang dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober sampai 30 November 2022. Salah satu tema yang diusung dalam KKN Tematik tersebut adalah "Sungaiku Bersih Kampusku Asri". Dalam mewujudkan tema tersebut, mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Utama membuat beberapa program kerja di wilayah RW 03 Kelurahan Tembalang yang berlokasi di dekat Universitas Diponegoro dan berbatasan langsung dengan Sungai Krengseng. Salah satu program kerja yang dilaksanakan adalah pengadaan atau pemberian alat - alat kebersihan di SDN Tembalang.

Pengadaan alat-alat kebersihan dilakukan untuk menjaga lingkungan sekolah supaya tetap bersih. Lingkungan sekolah yang kotor dapat menimbulkan bibit penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan warga sekolah seperti siswa, guru, dan staff. Upaya merawat lingkungan sekolah juga perlu dilakukan agar proses belajar-mengajar menjadi lebih nyaman. Salah satu cara sederhana untuk merawat sekolah adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, memisahkan jenis sampah, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah seperti membersihkan ruang kelas, halaman sekolah, dan lain sebagainya menggunakan alat-alat kebersihan. 

Pengadaan atau pemberian alat - alat kebersihan dilakukan oleh Yulia Widiastuti selaku mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Utama. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 November 2022 dan diterima langsung oleh salah satu guru di SDN Tembalang. Beberapa alat kebersihan yang diberikan berupa sapu ijuk, sapu lidi, kain pel, wiper, cairan pembersih lantai, dan juga sabun cuci tangan. Pengadaan alat-alat kebersihan ini sangat disambut baik oleh pihak sekolah. Setelah pemberian alat-alat kebersihan, pihak SDN Tembalang berencana untuk mendistribusikannya ke kelas-kelas yang ada agar dapat digunakan oleh para siswa.

Dengan adanya program pengadaan alat-alat kebersihan ini, diharapkan warga sekolah menjadi lebih termotivasi untuk peduli terhadap kebersihan sekolah. Warga sekolah terutama siswa juga diharapkan dapat menggunakan alat-alat kebersihan yang telah diberikan dengan semaksimal mungkin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun