Mohon tunggu...
Shinta Dwi Cahya
Shinta Dwi Cahya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Kepelabuhan Barunawati Surabaya

always love myself

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bahas Tuntas Biaya Hidup di Surabaya (Kehidupan Anak Rantau)

17 Oktober 2020   19:48 Diperbarui: 14 Januari 2021   22:31 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ditulis oleh Shinta Dwi Cahya Prameswari sebagai tugas psikologi manajemen STIAMAK Barunawati

Halo teman-teman, jadi saat ini saya ingin membahas tentang hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh teman-teman atau saudara yang ingin melanjutkan pendidikan, pekerjaan, atau bahkan ingin tinggal di kota Surabaya. Mungkin sebagian dari kalian masih merasa bingung dan bertanya-tanya, kira - kira berapa sih biaya hidup yang dibutuhkan selama tinggal di kota Surabaya setiap bulannya? 

Sebelum saya menjelaskan rinciannya, saya ingin sedikit bercerita. Jadi saya merantau di kota Surabaya dan memutuskan untuk berkuliah di STIAMAK, Barunawati. Maka dari itu, saya harap penjelasan ini dapat menjadi pertimbangan teman-teman sekalian. Satu hal lagi yang perlu kalian tahu biaya hidup setiap individu itu berbeda-beda dan tentunya banyak faktor yang berpengaruh. Tergantung dari tingkat pendidikan, pekerjaan, status sosial, gaya hidup, jenis kelamin dsb. Jadi disini saya akan memaparkan kurang lebih biaya-biaya yang dikeluarkan setiap bulannya untuk saya pribadi. Akan tetapi hal ini tidak menjadikan patokan teman-teman sekalian karena kebutuhan saya pribadi dengan kalian tentulah tidak sama.

1. Biaya Tempat Tinggal

Sebagai pendatang kita perlu mengeluarkan biaya untuk tempat tinggal karena tempat tinggal menjadi salah satu faktor penting. Pilihan tempat tinggalpun sangat beragam, mulai dari kost, kontrak rumah, apartement, hunian dan masih banyak lagi. Jika seperti saya yang masih baru awal-awal merantau pilihan kost mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Kost-kostan adalah tempat tinggal yang menurut saya valueable sekali dikarenakan harganya yang relatif murah daripada hunian lainnya, walaupun fleksibilitasnya jelas sedikit terbatas dikarenakan biasanya rumah kost punya aturan tersendiri. 

Untuk harga kost-kostan itu sendiri cukup bervariasi mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp.3000.000 an tergantung kalian menginginkan tipe yang seperti apa. Jika saya pribadi untuk biaya kost mengeluarkan biaya sebesar Rp.400.000 perbulannya, itu sudah termasuk listrik dan air. Fasilitas yang saya dapatkan pun berupa kasur dan kamar mandi luar. Nah beda lagi jika kalian ingin mendapatkan fasilitas lebih, seperti kamar mandi dalam, kasur, meja, wifi harganya berkisar Rp.600.000 hingga Rp.2.500.000 Jika menggunakan AC bisa sampai kira-kira Rp.3000.000 an teman-teman.

Lain jika mungkin kalian sudah cukup mapan dan berencana hidup lebih fleksibel atau kalian membutuhkan tempat yang lebih luas. Mungkin, pilihan menyewa apartemen/kontrak rumah bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi bagi kalian yang sudah berkeluarga. Kembali lagi, semua itu tergantung keinginan dan kebutuhan finansial masing-masing.

2. Biaya Transportasi

Nah untuk transportasi sendiri saya akan memberikan informasi kepada kalian yang ingin tinggal di Surabaya, tapi kalian masih belum memiliki kendaraan pribadi. Untuk pilihan transportasi kalian bisa menggunakan ojek online seperti grab atau gojek, angkutan umum, bus kota, taxi, bentor dll.

Saya sendiri lebih sering menggunakan angkutan umum dikarenakan tarifnya yang lumayan murah, cukup dengan biaya Rp.5000 saja, jika dihitung kalau PP hanya Rp.10.000. Beralih ke ojek online, saran saya kalian harus memiliki kedua aplikasi ojol ini (ojek online) karena ada kalanya ketika Grab tarifnya mahal, Gojek tarifnya murah. Begitupun sebaliknya.  Jadi tidak ada salahnya jika ingin menggunakan transportasi umum, dan soal biayanya menyesuaikan dari jarak destinasi kalian masing - masing.

3. Biaya Makan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun