Mohon tunggu...
MadKaryo
MadKaryo Mohon Tunggu... Editor - aku pencari keadilan dan kejujuran

aquarius

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Catatan Tengah "Rumah Angker"

1 Agustus 2020   14:34 Diperbarui: 1 Agustus 2020   15:00 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tengah

Dalam kurun 548Tahun  aku menempati sepuluh rumah  warisan . kukira  Bapak ibu senang ada cucu dan mantu di rumahnya . Ketika si Falich  umur 3 bulan, aku ditugaskan ke Semarang Amnil S-2   lalu . di Akhir tahun 1996 aku berangkat  ke kanada tempuh S-2 . Selama 3 bulan aku wira-wiri Pati -Jogja - magelang , Biaya S-2 ku untuk kelahiran anakku pertama . Akhirnya aku hijrah  disini sebentar ikut mertua . Sebenar pindah  kesini berat . Dari Jogja Hadiningrat ke  Mgelkang lumayan jauh  sampai jurusan semaranganJawa Tengah. Bertiga naik bus. Membawa dua tas isi pakaian dan satu dus sarimi isi peralatan dapur. Saat itu Leo  umur 6 bulan. Rumah pertama yang aku tempati di Ganesha Purwosari Kota. Seperti biasa tak lama, pindah ke Jalan Muria dekat toko sepeda Ramayana. Pindah lagi ke  "Muria Indah" dekat kampus UMK. Itu rumah ke tiga di Pati  . Tak lama sudah harus pindah, rumah di dekat Penthol belakang kantor camat Kota. Belum genap setahun sudah pindah rumah empat kali. Pindah lagi di Jalan Satria. Dibrumah ke lima ini lumayan lama, dua tahun. Di rumah itu anak lanang ke tiga lahir. Tanggalnya  18 agustus  1998. Aku beri nama Gerogorius Leon manda junior .
Masa kontrak habis, pindah lagi di seberangnya. yaitu di pati , Rumah ke- enam. Tak lama aku memilih pindah. Rumah ke tuju yang aku tempati di Ganesha dekat pukesmas Purwosari. Dua tahun, aku harus pindah. Rumah ke delapan ada di jalur rel kereta api. Dekat mushola Al Hijrah. Sangat lama di situ. Empat tahun. Di rumah itu anak ke empat lahir tanggal 4 April 2001. Hilda dwi Fitria sabrinah ayu desmayanti namanya agung banget . Genduk Hilda anakyang  ragil juga lahir di situ 1 Juli 2003  kalu enggak salah lancar lancarnya Dana IDB 3 juta perbulan untuk aku kirim buat susu anak ku . hILDA MEMICU  perceraianku dengan Istriku , ataukan sebuah alasan . Ketika sudah merasa nyaman, aku harus pindah. Rumah Istimewa di panti  direhab ya aku direhab di Semarang ( rumah sakit jiwa )karena diputuskan keluarga aku menderita gangguan otak Pusat , Akut , aku difonis gangguan  Gila , 2013 sejak itu  Langit runtuh dan  rumah tanggaku berantakan , istriku kabur dengan oknum Polisi . Tukang sudah datang, aku belum tahu harus pindah lagi ke mana-mana , aku sementara tinggal di panti Rehab dan di rumah iparku ( adikku) dijaga Ibuk . Rumah yang aku mau tempati belum fix. Pemilik rumah tak ada di tempat. Tetangga sudah berdatangan. Jelas mereka jatuh iba. Istriku dipeluk oleh mereka ..rumha ditinggal terasqa sepi..sekarang aku sendiri . Di luar rumah lengang satu desa takut dengan kelakuanku . Siang lengang malam mencekam mimpi mimmpi tak jelaspun  datang hidup menunggu semua tak ada yang baru..tak  ada kepastian. Maka saat itu juga aku pindahan  pindahan terus berpindah dari Gubug ke kuburan ..dari kuburan ke Gubug Gubug lagi ..aku  tanpa final . Rumah di  Wijilan  kandangan  kutinggalkan mengambara ... rumah  Milik juragan konveksi Haji Hanan waktu itu tak ada penghuninya . Itu adalah rumah ke sembilan  perjalanan selama aku di Dunia . ( Rumah Mistis)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun