Hobi

Nyawa Kuda Ada pada Kukunya

16 Mei 2019   02:38 Diperbarui: 16 Mei 2019   02:46 14 1 0
Nyawa Kuda Ada pada Kukunya
feature-kuda-5cdc6baa6db8436b0560b674.png

Sukabumi-  Gekbrong Stable, merupakan pusat perawatan dan pelatihan kuda yang terletak di perbatasan Sukabumi Cianjur. Lokasi ini dipilih karena iklimnya yang sangat cocok untuk peristirahatan Kuda.

Di sini terdapat sekitar 40 kuda yang kebanyakan merupakan hasil kawin silang Kuda Sumba dengan kuda Cross dan Thoroughbred asli Amerika dan Australia.

Oleh karena itu postur kuda disini lebih besar daripada kuda Indonesia pada umumnya. Selain kuda besar, Gekbrong Stable juga memiliki kuda kecil yang di kenal di Indonesia dengan sebutan kuda Sumba dan di luar negeri dengan sebutan kuda poni.

Perawatan Kuda menjadi salah satu hal yang sangat penting, terutama perawatan pada kuku kuda . perawatan kuku kuda ini harus dilakukan secara berkala loh, karena kuku merupakan bagian paling riskan dari kuda. Jika tidak dirawat dengan baik, kuku ini akan menyebabkan cacat bahkan kematian bagi si kuda.

Salah satu kasus tersebut terjadi pada Xanxan, salah satu jenis kuda poni disini yang mengalami kelainan pada kakinya yang mengakibatkan Xanxan mengalami kesulitan saat berjalan. Hal itu dikarenakan terlambatnya penanganan pada Kukunya.

Kuda-kuda disini juga harus selalu diperhatikan kebersihannya sehingga kuda selalu dimandikan. Biasanya kuda selalu dimandikan setelah ditunggangi.

Selain perawatan, Kuda-kuda di Gekbrong Stable ini juga melakukan latihan loh! Salah satu jenis latihan yang dilakukan disini yaitu Longser. Longser itu adalah sebutan untuk latihan kuda dengan tujuan membuat kuda melangkahkan kakinya dengan benar, karena ternyata tidak semua kuda dapat berjalan dengan benar sejak lahir. Selain itu, latihan ini juga dapat mempengaruhi kecepatan lari kuda terutama bagi kuda paci yang akan dilombakan.

Meski merupakan tempat latihan dan perawatan Kuda, Gekbrong Stable ini juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk melakukan kelas penelitian mengenai kuda loh. Dan sekolah menunggangi kuda.