Mohon tunggu...
Kartika Kariono
Kartika Kariono Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga

Mengalir mengikuti kata hati dan buah pikiran

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kekep, Nikmatnya 1000 Lapis Keberuntungan (Bagian 1: Lapis Legit)

10 Juli 2020   14:37 Diperbarui: 10 Juli 2020   14:43 62 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekep, Nikmatnya 1000 Lapis Keberuntungan (Bagian 1: Lapis Legit)
Aneka Lapis Palembang (Dok. Pribadi)

Selain trio nastar, putri salju dan kastangel,ataupun pempek. Di meja masyarakat Palembang tersedia bermacam kue (juadah) basah berupa kue lapis. Setidaknya ada 4 macam kue lapis yang dikenal di Palembang. Maksubah, Lapis Engkak, Lapis Kojo dan Lapis Legit.

Baca juga : Aneka Lapis Palembang dan Cintanya Berlapis-lapis

Hidangan ini memang tidak bisa diklaim khusus makanan Palembang. Tetapi di hari raya apapun biasanya kue  ini ada, idul fitri, idul adha, lebaran Cino (Imlek/Xin Cia) ataupun lebaran kristen (Natal).

Sanjo (anjangsana/saling mengunjungi) di Palembang bukan hanya dominasi hari raya Muslim. Tidak ada yang tahu pasti bagaimana jenis kue ini ada di Palembang. Lapis legit juga dikenal di bumi Nusantara, di Surabaya disebut Spiku. Juga dikenal di Malaysia (Lapis Sarawak) dan Singapura. Demikian juga di bumi Kalimantan dikenal juga kue Lam Bakar Barabai, ataupun Kue Belacan Sambas. 

Menilik dari rasanya kue Lam Bakar Barabai mirip dengan Lapis Kojo, meski kue Lam Bakar Barabai tidak menggunakan daun pandan dan daun suji. Kue Belacan Sambas sama sekali tidak menggunakan terasi, tetapi mirip dengan kue maksubah di Palembang hanya saja menggunakan coklat.  

Kekep (Kenali Kuliner Enak Palembang) kali ini kita akan ngobrolin resep kue lapis Palembang. Bagian pertama ini kita bahas buat kue lapis legit. 

Terus terang kue ini memang membuat kesabaran saya sempat hilang saat belajar. Entah sudah berapa ratus butir telur sia-sia untuk mendapatkan kue yang pas. Salah sendiri sih, berburu ke padang datar dapat rusa belang kaki. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi. Saya terlalu suka trial and error dengan berbagai resep yang diberi teman ataupun hasil browsing

Sampai akhirnya Ibu saya bilang belajarlah dengan bakery yang dikelola oleh peranakanTionghoa. Boleh jadi resep ini memang dari Belanda, tetapi di Palembang, peranakan Tionghoa lah yang menguasai teknik pembuatan makanan enak Palembang. 

Untuk yang pertama kali buat resep ini cukup uji nyali terkait dengan biaya. Karena kue lapis legit memang memerlukan bahan yang berkualitas, selain tampilan yang cantik dan cara pembuatannya cukup rumit dengan waktu yang cukup lama serta membutuhkan ketelatenan.

Banyak teman yang kenal diriku secara pribadi sering tidak percaya jika diriku mampu membuat kue lapis legit, karena diriku dikenal dengan karakter yang grasa-grusu dan temparemental, rasanya tidak mungkin membuat kue yang menguji kesabaran ini. 

So, jangan takut mencoba. Jika yang slebor seperti diriku saja bisa, kamu pasti bisa kok. Tinggal mau atau tidak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x