Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menjadikan Sepeda Sebagai Moda Transportasi sehari-hari kemana saja,

Penulis amatiran, ringan , dan sederhana. Penikmat sepeda harian. Icon Bersepeda itu Baik.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Semarak Halal bi Halal Para Pegiat Sepeda

11 Mei 2022   11:36 Diperbarui: 11 Mei 2022   13:19 631 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana Silaturahmi Pegiat Sepeda (Foto dok. Bdg Eco Transport)

LEBARAN sudah usai, saatnya dirangkai dengan kegiatan silaturahmi atau yang kita kenal dengan istilah Halal bi Halal (HbH) yang biasanya dilaksanakan oleh kelompok atau komunitas seperti Apartur Sipil Negara (ASN), pekerja, atau ikatan alumni sekaligus dalam rangka reunian.

Tentu suasana di tahun ini sedikit berbeda terkait masih diliputi pandemi, terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan, meski sebagain besar masyarakat sudah mengabaikannya seiring perkembangan signifikan penurunan penyebarannya. Apalagi  bagi mereka yang sudah divaksin hingga ke 3 kalinya, merasa yakin akan aman dan nyaman, menurut mereka yang penting  tetap hidup bersih dan sehat serta tetap berhati-hati. 

Terlepas dari hal itu, kegiatan HbH dilakukan dari yang sederhana hingga wah, diselingi hiburan live music atau organ tunggal, baik digelar  di rumah salah satu anggota kelompok, rumah makan, tempat wisata, gedung pertemuan, taman kota, hingga ballroom hotel.

Begitu pula dengan publik pesepeda, mereka menyebutnya dengan istilah Halal bi(ke) Halal. Diselenggarakan oleh internal komunitas atau lintas komunitas pesepeda dengan didukung pihak lembaga atau korporasi.

Kegiatannya tak beda jauh seperti pada umumnya, silaturahmi, kumpul, ramah tamah, hiburan, game, pembagian hadiah, dan makan-makan. Hanya saja ada yang khas dari kegiatan HbH mereka  yaitu selalu diawali dengan kegiatan bersepeda bersama.

Ada yang gowes bareng (gobar) sekedar keliling kota, lalu kumpul di suatu tempat seperti di rumah, gedung, caf, atau base camp tempat biasa mereka berkumpul, ada juga yang sekalian dalam rangka melaksanakan kembali gobar rutin mingguan menuju trek-trek sepeda atau kawasan wisata alam. Sebagian lagi malah ada yang melakukan gobar ke tempat yang agak jauh dengan medan lebih menantang tapi syahdu nan mengasyikan. .

Suasana seperti itu sudah berlangsung lama rutin dilaksanakan oleh banyak pesepeda, jauh sebelum datangnya pandemi covid-19 tahun 2020 hingga 2021 yang saat itu mengakibatkan tak adanya lagi kegiatan Halal bi(ke) Halal . Alhamdulillah, tahun 2022 ini bisa kembali digelar meski masih dibayangi sedikit kekhawatiran.

Di beberapa kota besar seperti Bandung, sejak minggu pertama usai lebaran tahun ini, semarak dengan banyaknya komunitas -komunitas pesepeda menggelar kegiatan HbH. Di media sosial dan aplikasi chating sudah tersebar beberepa rencana HBH untuk minggu-minggu ke depan.

HbH Gerakan Pelestarian Lingkungan

7 tahun silam, tepatnya tahuh 2014, ada perhelatan HbH yang cukup besar lintas komunitas pesepeda yang diselenggarakan oleh Komunitas Go-West-er Bandung (KGB) Indonesia bersama beberapa program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pegiat sepeda berbasis aparatur negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan