Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pernah Penyintas Kerjaannya Menulis (PPKM) . Silahkan berkenan mampir dimari : https://anyflip.com/homepage/icurr/

Penulis amatiran. Penikmat sepeda. Aktivasi sering di forum/komunitas dan kegiatan kerelawan/surveyor lingkungan, sosial, kesehatan, dan transportasi. Kontributor tulisan di media-media berbasis online.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Bike to Work Day 2021, "Hari yang Bike"

26 Agustus 2021   22:56 Diperbarui: 26 Agustus 2021   23:17 521 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bike to Work Day 2021, "Hari yang Bike"
ASN bersepeda. (foto dok. DPU Bandung)

Sejatinya, bersepeda merupakan salah satu bentuk perlawanan ketergantungan kita terhadap penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil, sebuah solusi tanpa polusi untuk lingkungan yang lebih baik, apalagi jika sepeda digunakan untuk sarana transportasi ativitas sehari-hari, ke tempat kerja, ke kampus, ke sekolah, ke pasar, ke tempat ibadah dan sebagainya.

Perkembangan zaman dan peralihan penggunaan kendaraan bermotor telah menggerus kebiasaan  sejak dulu penggunaan sepeda untuk aktivitas sehari-hari, seperti jasa pengantaran, pedagang sayuran, jamu, usaha perniagaan, hingga loper koran,

Dewasa in, meski secara kuantitas belum menunjukan jumlah yang menggembirakan, tapi masyarakat pengguna sepeda harian mulai meningkat, setidaknya ada banyak masyarakat mulai sadar kembali akan pentingnya lingkungan yang bisa dinikmati dengan nyaman.

Twibbon B2W day oleh B2W Indonesia
Twibbon B2W day oleh B2W Indonesia

Sayangnya, kondisi tersebut tidak diimbangi kebijakan pemerintah terkait transportasi cenderung lebih pro kepada kendaraan yang justru telah menumbuhkan kemacetan dan polusi di mana-mana tanpa mampu memberi  iklim investasi yang kondusif buat transportasi publik.

Sebagian besar masyarakat terus terkepung oleh persoalan  kemacetan, yang dilakukan hanya mengeluh bahkan mencaci, sementara tanpa menyadari bahwa mereka sendiri menjadi bagian dari yang berkontribusi  terhadap persoalan tersebut dengan menggunakan kendaraan yang tidak efisien dari pemanfaatan ruang transportasi.

Untuk itulah, kepada masyarakat yang masih ketergantungan terhadapa kendaraan, sudah saatnya keluar dari kungkungan keterasingan diri dalam kendaraan, gunakan sepeda untuk mobilitas sambil berinteraksi sosial. Garasikan kendaraanmu, apa pun aktivitasnya, bersepedalah!,  

Bike to Work Day

"Hari Yang Bike" merupakan tema Bike to Work Day saat ini sebagai bentuk semangat, apapun ujian yang kita alami sebagai anak bangsa, sebagai bagian umat manusia dunia, sekaligus sebagai sebuah spirit dalam kampanye membangun masyarakat budaya bersepeda ke berbagai aktivitas apa saja, khususnya bersepeda ke tempat kerja.

E-poster B2W day 2021 oleh B2W indonesia 
E-poster B2W day 2021 oleh B2W indonesia 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan