Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pernah Penyintas Kerjaannya Menulis (PPKM) . Silahkan berkenan mampir dimari : https://anyflip.com/homepage/icurr/

Penulis amatiran. Penikmat sepeda. Aktivasi sering di forum/komunitas dan kegiatan kerelawan/surveyor lingkungan, sosial, kesehatan, dan transportasi. Kontributor tulisan di media-media berbasis online.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Selamatkan Bumi dengan Aksimu

20 Agustus 2021   10:06 Diperbarui: 20 Agustus 2021   10:17 117 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selamatkan Bumi dengan Aksimu
Bersepeda, Solusi Tanpa Polusi. Foto dok. M Shaleh Ibrahim 

POPULASI umat manusia di bumi ini kian tak terkendali, sayangnya kondisi ini tidak dibarengi dengan meningkatnya kecerdasan bersikap dan berfikir. Walaupun perkembangan kemajuan tehknologi yang begitu pesat tidak serta merta menjamin sebagia besar manusia memiliki kerangka kepedulian  dan  kesadaran khususnya terhadap lingkungan menyebabkan bumi malah semakin tidak nyaman akibat ulah manusia itu sendiri.

Maka tak heran ketika bencana banjir dan perubahan iklim yang drastis menjadi kerap terjadi yang diakibatkan oleh sebagian besar penduduk Bumi yang tidak sadar akan lingkungan dan tidak bijak dalam penggunaan energi  apapun serta arogansi dalam bersikap menjalani roda kehidupannya tanpa memiliki pola fikir untuk kehidupan layak bagi generasinya  di masa datang.

Pemilahan Sampah. Foto dok. Cuham
Pemilahan Sampah. Foto dok. Cuham

Idealnya kita menjalani hidup di suatu tempat dengan aman dan nyaman, lingkungan yang sehat , bersih dan hijau, namun seiring perubahan zaman yang terjadi kita sepertinya hidup dalam lingkaran ketidak nyamanan, polusi udara dan suara kian memprihatinkan, lingkungan asri sudah jarang ditemukan, hutan-hutan makin menyempit terkuras oleh pembangunan dengan dalih kemajuan ekonomi,industry dan tekhnologi.

Bangunan-bangunan kian tumbuh subur berdiri menutupi ruang-ruang resapan air, sampah berserakan dimana-mana dan kemacetan di sana sini yang nyaris tiap hari terjadi, ironisnya kita sudah semakin hidup individualistis serta bergaya hidup mewah dan hedonisme yang berlebihan, akibatnya Bumi semakin carut marut, rusak dan terbebani, karena kita tak menyadari betapa pentingnya Bumi yang kita pijak ini dalam keadaan baik. 

Merebaknya pandemic covid-19 seharusnya menyadarkan kita untuk selalu hidup bersih. Banyak dari kita yang berprilaku kurang cerdas terhadap lingkungan seperti buang sampah sembarangan, buang air besar dan kecil dimana saja, memaku pohon-pohon pelindung, mengotori taman-taman, illegal logging, dan vandalisme.

Selain itu,  masih banyak pula masyarakat menggunakan kantong plastic dan energi listrik secara berlebihan, serta ketergantungan terhadap kendaraan berbahan bakar fosil. Ragam prilaku seperti itulah yang menyebabkan kondisi lingkungan menjadi rusak dan tidak menentu, akibatnya yang terjadi adalah banjir, pencemaran, wabah penyakit, kumuh dan pemanasan global. 

Mari saatnya kita selamatkan Bumi dengan tangan sendiri dan dengan apa yang bisa kita lakukan dari hal yang terkecil, sederhana, mudah, dan murah,  dimulai dari sekarang. Tak ada kata terlambat, agar generasi masa depan dan anak cucu kita dapat merasakan Bumi ini dengan kondisi lingkungan yang baik, dapat hidup nyaman tanpa ketakutan dan meneruskan aksi pemeliharaan Bumi seperti yang telah kita lakukan di masa sekarang.

Inilah beberapa aksi sederhana yang bisa dilakukan dalam menyelematkan bumi kita :

Memilah Sampah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan