Mohon tunggu...
Anar Nalendra Wibisana
Anar Nalendra Wibisana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNISRI

Ilmu Komunikasi 18

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sinergi Mahasiswa KKN Unisri dan Masyarakat dalam Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-76 Tahun

10 Agustus 2021   18:40 Diperbarui: 10 Agustus 2021   19:08 223 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pict by Anar Nalendra W

Karanganyar - Memasuki pada bulan Agustus 2021, seluruh masyarakat dipenjuru wilayah Indonesia akan sibuk dalam mempersiapkan dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia, yakni tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 yang mana pada tahun ini memasuki tahun ke 76.

Sudah menjadi budaya tersendiri bagi masyarakat Indonesia ketika memasuki bulan Agustus akan ada banyak acara untuk merayakannya, yaitu dengan mengadakan berbagai macam lomba menyenangkan, upacara kemerdekaan Indonesia, menghias lingkungan sekitar dengan berbagai macam atribut pendukung yang menarik serta dapat menggugah rasa nasionalisme dan masih banyak lagi.

Namun sangat disayangkan sekali bahwa sekitar lebih dari 1 tahun kebelakang, seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19 tak terkecuali negara Indonesia. Pandemi ini menyebabkan permasalahan-permasalahan baru dan yang paling berdampak adalah dibidang sosial, ekonomi, pendidikan, politik dan budaya.

Meski Indonesia masih mengalami pandemi Covid-19, namun hal tersebut tidak menyurutkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dari salah satu desa di negara Indonesia, yakni desa Bulurejo di kabupaten Karanganyar untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2021.

Masyarakat desa Bulurejo khususnya pada dukuh Babatan sangat antusias sekali dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia dengan inisiatif memasang umbul-umbul di sepanjang jalan dukuh Babatan dan membersihan lingkungan sekitar. Dibantu dengan mahasiswa KKNT 2021 dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta, menambah rasa antusias masyarakat dan keduanya saling bersinergi dalam melakukannya serta tidak lupa untuk tetap mematuhi prokes kesehatan Covid-19.  Meskipun di tahun 2021 ini tidak semeriah jika dibanding pada tahun 2019 kebelakang, namun tetap saja hal ini diperlukan dalam menjaga kebersamaan masyarakat.

Rasa kebersamaan, rasa nasionalisme dan gotong royong merupakan ciri khas dari kultur masyarakat kita dalam bersinergi dalam membangun negara Indonesia dan hal tersebut dapat ditemui langsung di desa Bulurejo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan