Pentingnya Kualitas Guru
Kania Ramadhisa
kania.ramadhisa0601@student.unri.ac.id
Prodi Pendidkan Ekonomi
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Abstrak
Kualitas guru merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di suatu negara. Guru yang berkualitas tidak hanya memiliki kualifikasi akademik, tetapi juga kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guru yang berkualitas dapat mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan baik. Guru yang berkualitas juga dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya kualitas guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Artikel ini juga menguraikan beberapa tantangan dan strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah, sekolah, dan guru sendiri untuk meningkatkan kualitas guru. Artikel ini diharapkan dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi para pembaca yang tertarik dengan topik pendidikan di Indonesia.
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Pendidikan dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan oleh individu dan masyarakat untuk menghadapi tantangan zaman. Pendidikan juga dapat meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, dan daya saing bangsa di kancah global. Oleh karena itu, pendidikan harus memiliki kualitas yang tinggi agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi para pemangku kepentingan.
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan adalah kualitas guru. Guru merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru yang berkualitas tidak hanya memiliki kualifikasi akademik, tetapi juga kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guru yang berkualitas dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, serta mengembangkan potensi dan prestasi peserta didik.
Namun, kenyataannya, kualitas guru di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Menurut data dari Programme for International Student Assessment (PISA), Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 79 negara dalam hal kemampuan membaca, matematika, dan sains pada tahun 2018. Selain itu, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), masih terdapat 25% guru yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik dan 52% di antaranya belum memiliki sertifikat profesi pada tahun ajaran 2020/20212. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak guru yang tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar peserta didik.
Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya kualitas guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Artikel ini juga menguraikan beberapa tantangan dan strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah, sekolah, dan guru sendiri untuk meningkatkan kualitas guru. Alasan memilih judul ini adalah karena penulis ingin memberikan kontribusi pemikiran dan gagasan bagi para pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan di Indonesia, khususnya pemerintah, sekolah, dan guru. Penulis juga ingin menginspirasi pembaca untuk peduli dan berpartisipasi dalam upaya peningkatan kualitas guru di Indonesia. Artikel ini diharapkan dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi pembaca yang tertarik dengan topik pendidikan di Indonesia.
PEMBAHASAN
Kenapa kualitas guru itu penting, Kualitas guru itu penting karena guru merupakan pendidik profesional yang memiliki peran strategis dalam membentuk masa depan suatu bangsa. Guru yang berkualitas dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan oleh individu dan masyarakat untuk menghadapi tantangan zaman. Guru yang berkualitas juga dapat meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, dan daya saing bangsa di kancah global. Oleh karena itu, kualitas guru harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas, bermakna, dan bermanfaat bagi para peserta didik.
Beberapa data dan bukti yang menunjukkan pentingnya kualitas guru adalah sebagai berikut:
*Menurut data dari Programme for International Student Assessment (PISA), Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 79 negara dalam hal kemampuan membaca, matematika, dan sains pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah kualitas guru. Guru yang berkualitas dapat mengajar dengan metode yang efektif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan dan potensi peserta didik.
*Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), masih terdapat 25% guru yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik dan 52% di antaranya belum memiliki sertifikat profesi pada tahun ajaran 2020/2021. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak guru yang tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar peserta didik. Kualifikasi akademik dan sertifikat profesi merupakan salah satu indikator kualitas guru yang menunjukkan kemampuan mereka dalam menguasai materi ajar dan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
*Menurut penelitian dari RISE Research on Improving System of Education, lebih dari 50% guru di Indonesia adalah pegawai negeri dan 90% tumpuan belajar ada pada mereka padahal kualitas mereka tidak dapat terjamin dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa sistem perekrutan guru di Indonesia belum efektif dan efisien dalam menghasilkan guru yang berkualitas. Perekrutan guru yang berkualitas harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti minat, bakat, motivasi, dan komitmen dalam mengajar, serta tidak hanya berdasarkan pada status kepegawaian.