Mohon tunggu...
KKN Reguler UM Desa Surenlor
KKN Reguler UM Desa Surenlor Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Negeri Malang

Artikel untuk Publikasi Penelitian KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Mahasiswa KKN-Reguler Universitas Negeri Malang: Pembelajaran Interaktif Mengajar di SD Negeri 1 Surenlor

4 November 2022   13:29 Diperbarui: 4 November 2022   13:31 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Trenggalek, 07 Oktober 2022

Pelaksanaan program pembelajaran interaktif  mengajar ini sangat penting diupayakan oleh Mahasiswa karena proses belajar mengajar sangat penting. Kegiatan praktik pembelajaran ini bertujuan untuk menambah ilmu dan pengalaman mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran dan sekaligus menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar yang nyata di kelas. 

Salah satu yang harus mendapatkan perhatian dalam kegiatan belajar mengajar adalah proses, karena "proses" inilah yang menentukan apakah tujuan pembelajaran akan tercapai atau tidak. Kesuksesan atau tercapai tidaknya tujuan pembelajaran ditandai dengan adanya perubahan, baik yang menyangkut perubahan dalam aspek pengetahuan (kognitif), aspek keterampilan (psikomotor) maupun yang terkait dengan aspek nilai dan sikap (afektif).

Dalam kegiatan belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran. Dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. 

Dengan media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas yang diinginkan, menentukan metode pembelajaran yang akan diterapkan dalam berbagai situasi yang berlainan dan menciptakan suasana belajar yang kondusif diantara siswa. 


Sesuatu yang tidak bisa dihadapkan atau dimunculkan di kelas, dengan adanya media pembelajaran maka semuanya itu bukan menjadi suatu permasalahan lagi, karena dengan media pembelajaran yang sesuai maka kesemuanya itu dapat di hadirkan di depan siswa secara jelas. Dengan demikian konsep-konsep atau gambaran yang masih bersifat tidak jelas akan menjadi lebih jelas, mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa.

Terkait dengan apa yang telah dijelaskan di atas, maka dalam pelaksanaan kegiatan praktik pembelajaran juga menerapkan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajarnya. 

Penggunaan media pembelajaran dalam sebuah kegiatan belajar mengajar tentu saja harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu materi pembelajaran, karakteristik siswa dan alokasi waktu yang tersedia. 

Dalam pelaksanaannya mahasiswa menggunakan berbagai media, diantaranya membuat permainan tentang soal kepada siswa, mengajari siswa dengan cara pelan agar mudah dipahami oleh siswa, cerita bergambar, media lingkungan alam sekitar, dll. Respon siswa sangat luar biasa selama mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, bersemangat, dan antusias. Siswa juga mengungkapkan bahwa suasana pembelajaran menjadi lebih kondusif, sehingga siswa tidak mudah bosan.

Dokpri
Dokpri
Mahasiswa dapat menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materi selama proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran yang berlangsung bisa dikatakan berhasil ditentukan oleh dua komponen utama yakni metode mengajar dan meedia pembelajaran. Media pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan rangsangan peserta didik dalam kegiatan belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun