Mohon tunggu...
Denissyah Sukma
Denissyah Sukma Mohon Tunggu...

Seseorang yang sedang mencari keahliannya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mengenal Rekayasa Perangkat Lunak

16 Maret 2015   17:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:34 6642 0 0 Mohon Tunggu...




Sebelumnya saya telah membahas tentang “Multimedia” dan “TKJ”,sekarang saya akan membahas tentang hal yang masih berhubungan dengan artikel sebelumnya. Kali ini saya akan membahas tentang RPL(Rekayasa Perangkat Lunak). Mungkin kata ini terdengar asing bagi sebagian orang maka dari itu saya akan membahas sedikit tentang RPL ini yang kebetulan jurusan yang saya geluti sekarang Hehehe.


1. Apa itu RPL ???


RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL :


·Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.


·Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas


Jadi secara singkat pengertian Rekayasa Perangkat Lunak ialah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna untuk mengembangkan,memelihara dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.


RPL sendiri mempunyai ruang lingkup kerjanya yakni :


1.Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.


2.Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.


3.Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.


4.Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.


5.Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.


6.Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.


7.Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.


8.Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.






2. Tujuan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak)


Setiap disiplin ilmu pastinya memliki tujuan baik untuk pengetahuan maupun yang digunakan untuk praktek tak terkecuali RPL ini. Berikut beberapa tujuan RPL :


§Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform


§Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah


§Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang murah


§Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu


3. Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak


Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi khusunya yang berhubungan dengan software, prospek kerja RPL cukup cerah banyak sekali profesi yang berhubungan denganRPL yakni :

·Game Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

·Software Tester - Terkait dengan ukuran perangkat lunak, ia dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.

·Computer Network / Data Communication Engineer - Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan danpengelolaan jaringan dalam suatuinstansi atauperusahaan.

·Web Engineer / Web Administrator - Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

·Software Engineer - Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.

·System Analyst dan System Integrator - Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

·Intelligent System Developer - Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll

·Programmer - Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

·Konsultan IT - Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

·Database Engineer / Database Administrator - Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x