Mohon tunggu...
Nunu Nursyamsi
Nunu Nursyamsi Mohon Tunggu... Aktor - halo salam kenal semuanya semoga kita bisa saling berbagi kebahagiaan

halo salam kenal semuanya semoga kita bisa saling berbagi kebahagiaan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pernah Dengar Procurement? Mari Kita Pahami Sama-Sama

24 September 2021   14:14 Diperbarui: 24 September 2021   14:38 40 3 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pernah Dengar Procurement? Mari Kita Pahami Sama-Sama
Dokumen pribadi

Sebelumnya jujur saja saya pun baru-baru ini saja paham mengenai Procurement  itupun karena suatu keperluan. Padahal istilah  ini tentunya sudah sangat familiar dilingkup pengadaan barang dan jasa di perusahaan. 

Melansir dari informasi situs procurite, pengertian Procurement adalah merupakan kumpulan dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengadakan atau membeli beberapa macam jasa atau barang yang sesuai dengan keperluan perusahaan. 

Proses procurement berjalan transfaran karena menggunakan aplikasi yang sama sama diakses oleh perusahaan maupun pemasok. Berikut bebeapa hal yang sangat penting dalam procurement antara lain:

1. Menganalisis kebutuhan perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dalam hal ini purchasing harus menerima permintaan pembelian yang berkaitan dengan kebutuhan operasional.

Namun perlu diingat, bahwa purchasing harus menganalisis apakah permintaan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

2. Memilih supplier dan vendor 

Purchasing bertanggung jawab dalam hal memilih supplier dan vendor terbaik dan berkualitas. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih terjangkau. 

3. Melakukan pemesanan

Setelah menemukan supplier dan vendor yang sesuai, purchasing akan melakukan pemesanan. Pemesanan dilakukan dengan mengisi formulir purchasing order yang nantinya digunakan sebagai arsip. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan