Mohon tunggu...
Supandi Pelabuhanratu
Supandi Pelabuhanratu Mohon Tunggu... Jurnalis - Saya sebagai konten kreator newbie

saya adalah seorang blogger newbie asal pantai selatan, tepat nya dari sukabumi pelabuhanratu, saya sangat tertarik dengan dunia menulis, semoga dengan adanya kompasiana ini, tulisan saya bermanfaat untuk anda semua. Sebelumnya saya haturkan banyak terimakasih kepada pembaca semua.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Manfaat Tanaman Liar Tempuyung, Pasti Pernah Lihat Ternyata Ini Manfaatnya

30 November 2022   20:36 Diperbarui: 30 November 2022   21:32 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manfaat dun tempuyung / Gambar hasil screenshoot dari Youtube zien and Family

Hidup di  perkampungan itu ada sisi enaknya juga, salah satunya ada banyak jenis tumbuhan disekitaran rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk asupan protein.

Kemarin sempat libur, sebenarnya target tulisan  ingin sampai 50 yang dipublish di kompasiana untuk bulan jni, tapi, yang namanya hidup kadang lagi mood, kadang pula ada aktifitas lain yang harus dikerjakan.

Saya hidup dikampung mas, mba, yaa gak jauhlah dari pantai palabuhanratu, dikampung saya itu dikelilingi bukit, jadi sangat terasa hidup bagaimana yang namanya sebuah perkampungan.

Baiklah, kali ini saya mau bahas soal daun tempuyung, ternyata daun ini banyak sekali manfaatnya, karena kaya akan nutrisi, tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Salah satu manfaat yang sudah familiar adalah bisa mengobati luka bakar, dan bisa juga mengobati yang namanya penyakit batu ginjal.
Jadi itulah salah satu manfaat daripada daun herbal ini.

Mengutip dari halodoc, nama lain dari jenis daun tempuyung adalah Sonchus arvensis L, biasanya tanaman  ini hidup disekitaran rumah, karena kebetulan wilayah saya lumayan daerahnya sejuk.

Sonchus arvensis L atau daun tempuyung adalah sejenis tanama liar herbal, yang tumbuh di pekarangan, pinggir jalan bahkan sering ditemui ditembok yang sudah tidak terurus. Mas, mba juga sepertinya pernah lihat tanaman ini.

Jauh lebih dalam lagi untuk mengenal tanaman liar ini, ternyata banyak khasiat yang  jarang diketahui banyak orang akan manfaat yang terkandung didalam jenis tanaman ini.

Tanaman tempuyung itu seluruh bagiannya bisa dijadikan sebagai obat herbal, baik yang sudah kering, ataupun dalam kondisi masih segar.

Untuk lebih jelas lagi akan manfaat daun tempuyung sebagai tanaman obat herbal, berikut adalah ulasan manfaatnya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun