Finansial

Berpikir Cerdas Ketika Bencana Datang. Yuk Minimalisir Kerugian!

9 Agustus 2018   15:59 Diperbarui: 9 Agustus 2018   16:03 550 0 1

Dia yang datang tidak diundang dan hadir membawa kecemasan. sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa waktu terakhir Indonesia sedang berduka. Apalagi sebabnya kalau bukan karena gempa yang terjadi dan berpusat di Lombok.  7SL  dibawah tanah lombok cukup untuk memporak-porandakan pulau ini. Beeruntung pusat gempa berada di darat. Mungkin lain cerita bila berada di laut. Dan saya yakin, yang terburuk mungkin yang akan terjadi. 

Bencana memang gak bisa kita duga datangnya. Namun saya yakin bahwa meminimalisir kerugian akibat bencana yang datang adalah hal yang mungkin bisa dilakukan oleh setiap dari kita. Dan salah satu caranya adalah proteksi dengan asuransi. Tapi taukah kamu bahwa ada setidaknya tiga jenis asuransi yang dapat kita gunakan untuk meminimalisir kerugian akibat bencana alam? Melalui tulisan ini, yuk kita bahas tiga jenis asuransi tersebut.

1. Perjalanan Aman dengan Asuransi Perjalanan

Walaupun sering diabaikan, tapi taukah kamu bahwa asuransi merupakan salah satu hal yang penting untuk meminimalisir kerugian ketika bencana datang? Seperti contohnya pada kasus gempa lombok yang memiliki banyak destinasi wisata nan mempesona untuk dikunjungi. Dan setidaknya, asuransi perjalanan dapat dimanfaatkan atau bekerja dalam tiga hal:

- Kerugian Akibat Pesawat Delay. Tentu tidak bisa dihindarkan lagi. Ketika bencana datang, mau tidak mau banyak transportasi yang tertunda karenanya. Dan taukah kamu bahwa Asuransi Perjalanan akan menanggung kerugian atas delay-nya penerbangan. Kerugian tetap dialami, namun ada yang mengatasi.

- Kecelakaan Saat Perjalanan. Setiap perjalanan tentu menginginkan akhir yang manis, namun ketika hal yang tidak diinginkan datang seperti kecelakaan, Asuransi ini dapat membantu anda untuk meng-cover kerugian yang dialami.

- Sakit Saat Perjalanan. Pastikan asuransi kamu punya rekanan rumah sakit di tujuan destinasi kamu. Jadi tidak perlu khawatir saat tiba-tiba penyakit datang menyerang. Tinggal pergi ke rumah sakit rekanan dan istirahat agar setelahnya bisa kembali prima.

2. Lindungi Kendaraan dengan Asuransi Kendaraan.

Tentu saat bencana datang, apalagi gempa bumi, sangat memungkinkan terjadi kerusakan pada kendaraan. Kendaraan yang tertimpa bangunan misalnya. Untuk itu, penting rasanya memproteksi tidak hanya diri, namun kendaraan kita. Bahkan dengan asuransi ini, tidak hanya kendaraan yang bisa dilindungi oleh asuransi. Penumpang kendaraan yang mengalami akibat dari bencana juga bisa mendapatkan perlindungan, jika saat bencana terjadi penumpang sedang berada dalam kendaraan. Jadi, selain aset, kita pun melindungi diri sendiri dari risiko bencana alam yang mungkin terjadi.

3. Lindungi Properti dengan Asuransi Properti.

Diri sudah dilindungi, kendaraan sudah dilindungi, properti juga bisa dilindungi. Bencana alam seperti gempa, kebakaran, atau banjir bisa dipastikan mengakibatkan kerugian pada properti seperti rumah atau toko yang kita miliki. Melindungi aset properti kita dengan asuransi adalah salah satu langkah yang tepat untuk meminimalisir kerugian akibat bencana tidak terduga. Terlebih, selain risiko bencana, asuransi juga bisa melindungi properti yang kita miliki dari perampokan atau kemalingan saat kita tinggal berpergian dalam waktu yang panjang seperti saat liburan atau mudik.

Intinya, kita bisa kok meminimalisir kerugian apapun yang ditimbulkan oleh gempa atau bencana lainnya yang mungkin terjadi. Mungkin saat kita tidak mengalami bencana, asuransi akan terlihat seperti beban tambahan. Namun, manfaat yang diberikan oleh asuransi akan sangat terasa saat kerugian akibat bencana terjadi. So, pandai-pandailah kita melakukan tindakan pencegahan dan memilih asuransi yang tepat sesuai risiko yang mungkin muncul.