Mohon tunggu...
Dadan Miharja
Dadan Miharja Mohon Tunggu... -

Suami&Ayah, Karyawan&Entrepeneur, pejalan kaki&angkutan umum menuju tempat kerja

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Berburu Tiket Lebaran Kereta Via Booking Online

10 Mei 2013   23:33 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:46 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Sudah pada tahu kalau pembelian tiket kereta api bisa dilakukan mulai H-90 kan?Nah,otomatis untuk tiket kereta H-1 Lebaran sudah selesai kemarin dan hasilnya tiket sudah ludes dipesan.

Berhubung saya Lebaran di Majalengka (kampung halaman tercinta) maka saya dan istri memutuskan untuk pergi ke Solo (rumah mertua saya) pada hari Lebarang (8/8) yang katanya sih Lebaran di tanggal itu. Nah tadi hari ini (Jumat,8/5) adalah tepat H-90 dari tanggal 8/8, otomatis pemesana tiket kereta dibuka.

Memang banyak alternatif untuk pembelian tiket kereta, dari mulai beli langsung ke stasiun, via agen, via Alfamart&Indomaret, melalui call center dan juga booking via online. Sebelum pergantian hari, mulai jam 22.00 saya pergi ke Alfamart (yang buka 24 jam)  untuk menanyakan apakah pemesanan tiket sudah mulai dibuka, jawabannya adalah belum. Dan hal itu kami buktikan sendiri dimana pekerjanya memperlihatkan scree komputer. Saya sangat hargai dan mengucapkan terima kasih.

Sekitar pukul 23.30 saya coba untuk booking di hari sembarang untuk contoh pembelian. Dijelaskan disana bahwa pemesanan via online sangat mudah, terlebih kualitas kecepatan dan design website KAI, http://kereta-api.co.id/, semakin baik dibanding beberapa bulan kemarin. (Mungkin dalam rangka menyambut arus mudik Lebaran0. Good Job KAI.

Karena saya belum terlalu percaya apakah cara ini akan berhasil atau tidak saya hanya menulis data diri saya saja. Saya putuskan untuk beli lewat alfamart/indomart, seperti biasa kalau saya menggunakan kereta api untuk pergi ke Tegal, Pekalongan dan daerah Purwokerto. Tepat jam 12 saya pergi ke 2 toko itu yang memang hanya berjarak 200 meter dari rumah dan jawabannya adalah "pembelian tiket kereta bisa dimulai pukul 02.00". Nah loh, setahu saya kan pemesanan tiket mulai pukul 00.00. Untungnya saya bawa laptop dan "nongkrong" di depan Alfamart yang lokasi Alfamart-nya tepat disamping ATM.

Pas masuk website KAI,ternyata pembelian tiket sudah dimulai dan saya putuskan untuk booking lewat website karena takut kebahisan kalau via 2 toko itu. Takut ketiduran nunggunya dan bangun Subuh deh, pas beli "eh tiket habis".

Saya langsung isi semua data yang diminta (dari mulai nama, nomor identitas,jumlah penumpang, asal/tujuan stasiun dan yang pasti harus ada tanggal kebarangkatan). Data itu saya kirim dan akhirnya saya dapat email konfirmasi dari KAI untuk lebih teliti lagi tentang data yang sudah saya kirim. Hebatnya lagi, kalau booking via online kita bisa memilih nomor kursi. Setalah saya teliti dan datanya benar, lalu saya diminta untuk transfer pembayaran dan saya putuskan via ATM. Setelah melakukan pembayaran, tak kurang dari 1 menit ada email masuk dan itu adalah konfirmasi atau bukti pembelian tiket kereta yang bisa dipakai ketika boarding.Akhirnya saya mendapatkan tiket yang direncanakan sebelumnya, Argo Lawu, Cirebon-Solo Balapan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun