Mohon tunggu...
Kang marakara
Kang marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja pujimu

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Mengurangi Sampah Plastik dengan Menonjolkan Peran Ulama

10 Mei 2019   05:35 Diperbarui: 10 Mei 2019   06:01 0 5 3 Mohon Tunggu...
Mengurangi Sampah Plastik dengan Menonjolkan Peran Ulama
Aa Gym,UAH,ustadz Abdul Somad.sumber : tribun timur.com

Bulan ramadan itu bulan di mana manusia muslim seluruh dunia berbondong bondong memperbaiki diri.baik kesalahan perbuatan,perkataan,apalagi tingkah laku.baik terhadap sesama manusia,maupun antara manusia dengan alam sekitarnya.

Sepekat pekatnya hati seorang muslim di bulan ramadhan pasti tergerak hatinya ingin mendengar ceramah agama dari para ulama dan tokoh agama,maka kita bisa saksikan bagaimana masjid masjid senantiasa di padati oleh para jamaah untuk beribadah sekaligus mendengar ceramah agama.

begitupun di layar kaca,acara ceramah agama biasanya tidak pernah ketinggalan di tayangkan dengan menghadirkan penceramah yang biasanya sangat terkenal dengan jutaan pendengar dan pengikut setia.

peran ulama dalam kampanye mengurangi sampah plastik

Timbunan sampah plastik.sumber : kompas.com
Timbunan sampah plastik.sumber : kompas.com
Bisa kita bayangkan seandainya ustadz sekaliber ustadz Abdul Somad dalam setiap ceramah agamanya yang pasti di hadiri ribuan jamaah,ikut mengkampanyekan tentang bahaya sampah plastik bagi kehidupan manusia dan kelestarian alam.ikut memberi tausiyah agar para jamaah mengurangi pemakaian kantung plastik sekali pakai dalam segala hal mengingat dampaknya bagi alam semesta.

Di tempat lain,Aa Gym,ustadz Adi Hidayat,ustadz yusuf mansyur,dan ribuan ustafz,kiai,ulama,para tokoh agama dalam setiap ceramah agamanya ikut mengkampanyekan pengurangan kantung plastik sekali pakai,secara masif dan istiqamah pasti hasilnya akan luar biasa.

Para orang awam,pengikut setia,orang orang yang menjadikan para ulama dan tokoh agama tersebut sebagai panutan dan teladan pasti akan tergerak hatinya untuk memenuhi anjuran dari ulama kebangganya tersebut.dari ribuan jamaah yang hadir dari setiap ceramah,kemudian menularkan anjuran pengurangan sampah plastik kepada keluarga dan masyatakat sekitar tempat tinggalnya,bisa kita perkirakan dampaknya bagi pengurangan sampah plastik kedepanya.

Ramadhan dan ulama

Antusias warga mrndengar ceramah agama.sumber : antara/jimmy ayal
Antusias warga mrndengar ceramah agama.sumber : antara/jimmy ayal
Dari uraian di atas kita bisa menarik kesimpulan,bahwa peran para ulama dan tokoh agama dalam kampanye mengurangi sampah plastik yang di akibatkan dari pemakaian kantung plastik sekali pakai bisa sangat epektif dan berdampak besar bagi masyarakat luas.tinggal bagaimana kita bersama mengoftimalkan potensi ini.

Apalagi ramadhan bisa di jadikan momen yang tepat untuk memberi edukasi kepada masyatakat luas tentang keuntungan dan kerugian dari penggunaan kantung plastik sekali pakai bagi kehidupan manusia dan kelestarian lingkungan hidup.ramadhan dan ulama seharusnya bisa di maksimalkan dalam kampanye ini.

Semoga ramadhan bisa menyadarkan kita semua tentang kelestarian lingkungan hidup dari pengaruh sampah plastik.ramadhan yang berkah adalah ketika kita bisa melaluinya dengan menjadi manusia yang berguna bagi seluruh alam semesta

.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x