Mohon tunggu...
Kang marakara
Kang marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja pujimu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PKH, Program Unggulan Pemerintah untuk Mengentaskan Kemiskinan

2 Maret 2019   22:50 Diperbarui: 2 Maret 2019   23:53 0 3 0 Mohon Tunggu...
PKH, Program Unggulan Pemerintah untuk Mengentaskan Kemiskinan
Para penerima PKH. Foto : pribadi - pak fikal

Sebagai program unggulan pemerintahan presiden Joko Widodo -Jusuf Kalla, program keluarga harapan telah terbukti mampu memutus rantai kemiskinan bagi sebagian besar masyarakat keluarga penerima manfaat (kpm).

Dan sebagai program unggulan,PKH di desain sedemikian rupa agar tujuan dan target yang hendak dicapai dapat berhasil maksimal. Tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh masyarakat yang ikut dalam PKH senantiasa dipantau secara ketat. Ini di maksudkan agar tujuan utama program keluarga harapan yaitu memutuskan rantai kemiskinan dapat tercapai sesuai dengan tujuan awal.

Bukan perkara muda, merubah pola pikir masyarakat agar bisa mandiri dan mampu lebih produktif,agar mampu bersaing guna meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri.

PKH,program yang memanusiakan manusia.

Bila selama ini ada kesan yang kuat di benak sebahagian masyarakat,bahwa bantuan dari pemerintah sebelum sebelumnya hanya membuat masyarakat menjadi malas dan makin tidak produktif,karena bantuan dana secara tunai dari pemerintah habis untuk belanja kebutuhan sehari hari,bahkan di pergunakan untuk keperluan yang sifatnya mubazir,maka program keluarga harapan dari pemerintahan presiden joko widodo ini justru mampu meningkatkan produktivitas keluarga penerima manfaat.

Di pilihnya para ibu rumah tangga sebagi pihak yang di percaya untuk mengelolah keuangan dana PKH adalah suatu keputusan yang tepat,cermat ,dan tepat sasaran.bagaimanapun juga keadaan suatu keluarga,peran ibu rumah tangga dalam mengelolah keuangan keluarga adalah salah satu kunci agar keluarga tersebut dapat segera mandiri dalam finansial.

PKH pintu utama program selanjutnya.

Dengan menjadi peserta program keluarga harapan,maka keluarga penerima manfaat akan di bantu secara keseluruhan hal hal pokok apa saja yang menjadi faktor penunjang agar suatu keluarga dapat segera terangkat dari kemiskinan.maka program PKH adalah program yang berkesinambungan dengan program lain yang saling mendukung.

Di bidang kesehatan para keluarga penerima manfaat akan mendapat prioritas di bidang kesehatan dengan program indonesia sehat,dengan menerima kartu indonesia sehat(KIS).dengan kartu ini maka masyarakat miskin penerima bantuan bila sakit dapat berobat secara gratis.ini artinya masyarakat tidak perlu lagi mempergunakan uang tabunganya untuk biaya berobat.

Demikian juga dalam hal pendidikan.para peserta PKH di jamin kelangsungan pendidikan putra putrinya untuk menuntut ilmu hingga selesai,dengan mrmpergunakan kartu indonesia pintar(KIP)yang merupakan bagian dari program indonesia pintar(PIP)

Verypikasi pendidikan oleh tenaga pendamping sosial PKH. Foto : pribadi -pak fikal
Verypikasi pendidikan oleh tenaga pendamping sosial PKH. Foto : pribadi -pak fikal
Demikian juga pemberian BPNT (bantuan pangan non tunai),RASTRA(beras sejahtera),RTLH(rumah tidak layak huni),subsidi gas,listrik,yang kesemuanya itu di cakup oleh PKH.tujuanya tak lain dan tak bukan adalah agar masyarakat penerima bantuan dapat segera bangkit dari kemiskinan.bahkan saking detailnya sasaran yang hendak di tuju,maka bagi para manula dan penyandang disabilitas,program keluarga harapan menyediakan asuransi bagi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x