Mohon tunggu...
Imam Syafii
Imam Syafii Mohon Tunggu... Nowadays English Director

Pengamat dan praktisi pendidikan. Khususnya pendidikan kebahasaan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Nowadays English Teaching Activities: Principles to Practices

6 Maret 2021   09:47 Diperbarui: 6 Maret 2021   09:50 132 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nowadays English Teaching Activities: Principles to Practices
gambar oleh mentatdgt via https://unsplash.com

Nowadays English sebagai sebuah teacher belief tentu memiliki kerangka teori dan praktis dalam pelaksanaannya. 

Selain sebagai sebuah landasan keyakinan guru, kerangka ini juga berfungsi sebagai road map dalam pengajaran bahasa Inggris yang berhasil. 

Nowadays English teaching activites secara teoritis banyak menyandarkan diri pada pandangan H Douglas Brown (2000), seorang metodologist yang telah memberikan kontribusi banyak dalam language teaching

Sedangkan secara praktis, Nowadays English banyak menyerap pola pikir, dan madzhab yang digagas oleh Jack C Richard.

Kendati demikian, masih banyak pendapat para ahli lainnya juga menjadi bagian penting dalam pengembangan Nowadays English teacher belief sebagai kerangka praktis penerapan di dunia pengajaran.

Teaching Activities

Seperti dipaparkan sebelumnya, Nowadays English teaching activities banyak mengadopsi pendapat H Douglas Brown. Sehingga perlu dipaparkan semua pendapat tersebut untuk memberikan gambaran utuh (Brown: 128: 2000). 

An activitiy refers to a virtually anything that learners do in the classroom. More spefically, when we refer to a classroom activity, we usually refer to a reasonably unified set of student behaviors, limited in time, preceded by some direction from the teacher, with a particular objective.

Penjelasan ini secara ringkas menyebutkan bahwa aktifitas merupakan semua hal yang dilakukan seorang siswa di dalam kelas untuk mencapai tujaun belajar mereka. Tentunya aktifitas tersebut berbatas waktu, dan diawali dengan sebuah arahan (instruction).

Namun perlu dicatat bahwa definisi diatas berdasarkan sepenuhnya kepada sisi siswa, atau lebih dikenal learning activities. Learning activity ini lebih spesifik dikenal dengan student roles.

Sedangkan dari sisi trainer, guru, coach, activities merupakan semua kegiatan pengajaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa untuk mencapai tujuan tertentu, (contoh: mampu menyampaikan ide).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN