Mohon tunggu...
Kamiliya Naurah Yasmin
Kamiliya Naurah Yasmin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030098 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Sedang menjalankan misi jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Menabung untuk Rumah: Potongan Iuran Tapera yang Efektif

28 Mei 2024   21:25 Diperbarui: 28 Mei 2024   21:46 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: https://perkim.id/

Memiliki rumah idaman adalah impian banyak orang. Namun, mewujudkannya sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam hal pembiayaan. Salah satu yang ditawarkan pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat memiliki rumah adalah melalui program Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA). Dengan skema potongan iuran yang diterapkan, Tapera menjadi strategi menabung yang efektif untuk mewujudkan impian memiliki rumah. Pada artikel ini kita akan membahas cara kerja Tapera, manfaatnya, serta tips untuk memaksimalkan potongan iuran ini.

Cara kerja Tapera

Tapera adalah program yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dengan tujun membantu masyarakat menabung untuk keperluan perumahan. Program ini melibatkan potongan iuran dari gaji pekerja yang dikumpulkan dan dikelola oleh BP Tapera. Dana yang terkumpul digunakan untuk memberikan pembiayaan perumahan kepada peserta yang memenuhi syarat.

Setiap bulan, pekerja formal akan dikenai potongan iuran sebesar 3% dari gaji mereka. Dari jumlah ini, 2,5% ditanggung oleh pekerja, sedangkan 0,5% ditanggung oleh pemberi kerja. Proses pemotongan ini dilakukan secara otomatis dan disetorkan ke BP Tapera. Bagi pekerja informal, mereka bisa berpartisipasi secara mandiri dengan menyetor dana sesuaiketentuan yang berlaku.

Manfaat potongan iuran tapera


Potongan iuran tapera menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi pekerja:

  • Akses pembiayaan perumahan yang terjangkau

Melalui tapera, pekerja dapat mengakses pembiayaan perumahan dengan bunga rendah dan tenor panjang, yang biasanya sulit didapatkan melalui bank konvensional. Ini membuat impian memiliki rumah menjadi lebih realistis dan terjangkau.

  • Tabungan yang konsisten

Dengan skema potongan gaji yang otomatis, pekerja secara konsisten menabung setiap bulannya. Ini membantu mereka mengumpulkan dana yang cukup untuk pembelian rumah atau renovasi.

  • Keamanan dan pengelolaan dana

Dana yang terkumpul di BP Tapera dikelola secara profesional dan diawasi ketat oleh pemerintah. Ini memberikan jaminan keamanan bagi para peserta bahwa dana mereka akan digunakan sesuai tujuan.

  • Manfaat gotong royong

Tapera adalah bentuk gotong royong nasional, di mana setiap peserta berkontribusi dan mendapatkan manfaat dari dana yang dikumpulkan bersama. Ini menciptakan rasa solidaritas dan kepedulian sosial di antara pekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun