Mohon tunggu...
KKN Sinambung Sambigede 2020
KKN Sinambung Sambigede 2020 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

Mengabdi Tiada Henti

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Potensi Wisata Baru, Kebon Watu Sebagai Pusat Rekreasi dan Budidaya Ikan

20 Juni 2020   21:19 Diperbarui: 20 Juni 2020   21:19 30 0 0 Mohon Tunggu...

Malang – Pandemi yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia merupakan salah satu tantangan besar di sisi dunia pendidikan. Tentunya, hal tersebut tidak mematahkan semangat mahasiswa KKN UM Model Sinambung 2020 di desa Sambigede, Kecamatan Sumper Pucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun pelaksanaan program KKN mengadaptasi sistem pembelajaran online atau daring, mahasiswa KKN UM tetap melanjutkan program kerja yang sempat tertunda.

Dengan menerapkan prosedur baru terhadap pelaksanaan kegiatan KKN UM, setelah berkenalan dengan warga desa dan potensi yang ada di Desa Sambigede, terdapat satu potensi desa yang menarik perhatian mahasiswa. Potensi wisata dan budidaya ikan yang melimpah di Desa Sambigede menuntun mahasiswa KKN UM Malang untuk membantu memperkenalkan dan mempromosikan sebuah potensi desa yang bernama Kebon Watu.

Observasi dan wawancara dilakukan demi mendapatkan informasi yang cukup kepada warga desa. Salah satu permasalahan yang ada merupakan ketidaktahuan masyarakat luar terhadap potensi yang dimiliki Kebon Watu.

“Sangat disayangkan bahwa sedikit orang-orang yang mengunjugi Kebon Watu karena informasi yang sedikit, dan masalah dana juga sempat menjadi hambatan.Padahal, pemandangan di sinisangatbagusdanbanyakpepohonanyang rindang. ” Kata Pak Gito kepada mahasiswa KKN UM.

Kebon Watu yang memakan perjalanan 20 menit dari jalan masuk desa memiliki potensi sebagai tempat rekreasi yang menghadirkan pemandangan  yang indah nan hijau. Tak hanya itu, bagi anda yang menikmati aktifitas memancing, Kebon Watu juga menyediakan sarana pemancingan dari pukul 7  pagi hingga 5 sore.

Salah satutujuan dari memperkenalkan Kebon Watu adalah untuk menyebarluaskan usaha budidaya ikan Bandeng, Mujair dan Nila yang dikelola oleh warga desa yang terdapat di keramba-keramba di sekitar KebonWatu. Dari hasil yang didapat inilah, mahasiswa KKN UM memutuskan untuk mempublikasikan  Kebon Watu kepada masyarakat luas. Dengan harapan dibuatnya video profil serta poster pengenalan Kebon Watu ini dapat memberitahu kepada masyarakat luas betapa indahnya potensi wisata Kebon Watu tersebut, sehingga nantinya masyarakat luar desa  tertarik dan berkunjung ke Kebon Watu, Desa Sambigede.

VIDEO PILIHAN