Mohon tunggu...
kajitow elkayeni
kajitow elkayeni Mohon Tunggu... penulis -

https://www.facebook.com/kajitow

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kompasiana Media Diktator

18 Desember 2016   13:21 Diperbarui: 21 Desember 2016   16:54 713
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kompasiana, saya menganggap media ini adalah wilayah untuk beropini secara bebas. Tapi mirip editor media cetak, rupanya adminnya masih hidup di jaman Orde Baru. Mereka berjalan mundur ke belakang.

Beberapa kali saya mendapatkan teguran dari admin. Maklum, saya memang tidak meneliti peraturan secara detil. Beberapa teguran yang berhubungan dengan gambar dan hak cipta bisa saya maklumi. Itu penting untuk menghindari pencurian hak oleh orang lain. Tapi ketika menulis, Eko, Pelawak Salah Panggung, admin menghapus postingan saya. Di sini saya tidak mengerti. Bukankah semua tulisan adalah tanggung-jawab penulis?

Kompasiana menghilangkan hak penulis untuk menyuarakan pendapatnya. Terkait kasus Eko, sebagai netizen, sebagai rakyat, saya punya hak untuk beropini. Toh saya bertanggung-jawab penuh atas tulisan saya. Tindakan main hapus itu adalah keditaktoran. Perihal peraturan dasar yang merugikan hak cipta, dll, oke, itu memang pantas ditegakkan. Tapi mengebiri opini, dengan dalih mendiskreditkan nama baik pihak lain, itu tidak berdasar. Kompasiana harus kembali merumuskan peraturan itu, dengan orang yang kompeten. Di era kebebasan informasi ini, pembungkaman adalah sebuah dosa sosial.

Admin yang menghapus tulisan saya jelas picik dan tidak memahami posisi Eko sebagai publik figur. Satu cuitan Eko bisa berakibat fatal. Ia bisa dijadikan pembenaran oleh banyak orang di media sosial. Karena ia punya posisi. Apa yang saya suarakan adalah kritik saya sebagai netizen. Saya mencintai Polri, saya mendukung pemberantasan terorisme. Semua ungkapan penggembosan terhadap Polri adalah melawan hukum, melawan akal sehat. Untuk itu saya melakukan pembelaan. Dengan menulis kritikan, yang menurut admin justru menyulut kebencian.

Publik figur adalah orang yang mengendarai angin. Mereka diuntungkan oleh popularitas. Tapi angin yang mereka kendarai bisa menjadi badai sewaktu-waktu. Popularitas itu bisa mencelakakan mereka. Contohnya melakukan sesuatu yang buruk. Angin yang mereka kendarai akan menggulung mereka sendiri. Kritikan saya adalah bagian dari angin itu, risiko itu.

Opini saya terhadap Eko adalah reaksi yang wajar terhadap publik figur. Saya membiarkan mereka hadir mengisi ruang publik, sekarang saya menuntut hak saya atas ruang publik itu. Tapi admin, dan pembuat peraturan Kompasiana agaknya kurang piknik. Untuk berpendapat saja harus melalui sekian tukang sunat. Ini bukan Orde Baru. Kalian mundur sangat jauh. Orang-orang harus dibatasi agar tak melampaui batas memang betul. Tapi mengekang secara membabi-buta adalah kediktatoran. Kompasiana media diktator.

Kompasiana, mestinya kalian mengangkat admin yang lebih kompeten. Yang mengetahui batas dan cara berpikir. Bukan manusia yang untuk berpikir sederhana soal aksi-reaksi publik figur saja sulit. Ayo admin, belajar membaca lagi ya. Saya tidak kabur. Akun saya sudah terverifikasi. Tolong bersikaplah dewasa.

Tabik.

Kajitow Elkayeni

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun