Mohon tunggu...
Lintang Kesiji Waela
Lintang Kesiji Waela Mohon Tunggu... Wiraswasta - 2020 Best in Citizen Journalism

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Transformasi Bakso di Tangan-tangan Kreatif Masyarakat Nusantara (1)

19 Februari 2023   22:42 Diperbarui: 19 Februari 2023   22:59 540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi masyarakat nusantara, kuliner berkuah kaldu dengan isian utama bola-bola daging, mie, bihun atau soun dan biasanya dikasih topping bawang goreng dan rajangan daun sop (seledri) atau daun bawang  (kucay) yang biasa disebut sebagai bakso, baso, bakwan atau sebutan lainnya yang bisa jadi di tiap daerah bisa berbeda-beda, tentu sudah sangat familiar.

Bagaimana tidak, kuliner  yang  paling nikmat disantap saat  panas ini, sekarang layaknya "koloni jamur di musim penghujan", ada dimana-mana dan "penampakannya"  beraneka rupa pula, pun cita rasanya!

Sepertinya hanya warung bakso yang persebarannya bisa benar-benar merata ke seluruh Nusantara dengan beragam variannya, head to head dengan kedai masakan Padang dan juga warung seafood-lalapan khas Lamongan, dua kuliner khas nusantara yang lebih dulu dikenal begitu aktif melebarkan sayap ke seluruh pelosok nusantara.

Kedai Bakso Terpal Pinggir Jalan | @kaekaha
Kedai Bakso Terpal Pinggir Jalan | @kaekaha

Dari level warung atau kedai bakso yang sifatnya manggon atau menetap alias tidak mobile saja, di kota seperti Banjarmasin nan Bungas yang dulu dikenal sebagai ibu kota propinsi dengan wilayah terkecil di level Pulau Kalimantan dan mungkin juga di Indonesia ini, hampir di tiap gang mulai dari kampung sampai komplek perumahan, ada saja warung bakso dengan beragam cirikhas serta variannya sebagai pembeda sekaligus daya tarik masing-masing.

Baca Juga :  Berburu "Bebek Kaki Lima", Menikmati Romantisme Kuliner Jalanan Legendaris Nusantara

Uniknya, kalau diperhatikan lebih serius, ternyata eksistensi warung bakso itu identik dengan klub-klub sepakbola lho! Jika anda penggemar berat liga Inggris, tentu tidak asing dengan eksistensi 7 klub Liga Inggris yang sama-sama berasal dari Kota London, sebut saja Arsenal, Chelsea, Cristal Palace, Fulham dan lain-lainnya. 

Seperti mereka, warung bakso tenyata juga mempunyai basis penggemar masing-masing dan untuk menjaga loyalitas fans berat masing-masing, ternyata mereka juga harus merawat komunikasi dan wajib "berprestasi", setidaknya dengan konsisten menjaga kualitas sajiannya.

Bakso & Mie Ayam Wonogiri | @kaekaha
Bakso & Mie Ayam Wonogiri | @kaekaha

Sebenarnya, ada keasyikan tersendiri lho, ketika memperhatikan detail keragaman bentuk maupun model rombong bakso nusantara, berikut kompartemen-nya masing-masing yang sudah pasti sangat tergantung dengan kebutuhan dan tentunya kecerdasan plus kreatifitas masing-masing pemiliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun