Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Unda Lakian Matan Banjar

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Esai Foto | Para Penjemput Rizki di Pasar (Tradisional) Ahad, Banjarmasin

13 Juni 2021   21:16 Diperbarui: 13 Juni 2021   21:23 277 40 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Esai Foto | Para Penjemput Rizki di Pasar (Tradisional) Ahad, Banjarmasin
Penjaja Manisan atau Gula Gending | @kaekaha

Pasar ahad di Kertakhanyar atau juga familiar dengan sebutan "Pasar Pal 7", merupakan salah satu pasar tradisional ikonik dan legendaris di seputar Kota 1000 Sungai, Banjarmasin nan Bungas!

Pasar Ahad Tampak dari Depan | @kaekaha
Pasar Ahad Tampak dari Depan | @kaekaha

Pasar yang berlokasi di jalan Ahmad Yani kilometer 7 atau Urang Banjar lebih familiar menyebutnya sebagai Pal Tujuh ini, sejatinya terletak di wilayah perbatasan antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, atau tepatnya di Desa Kertakhanyar, Kecamatan Kertakhanyar, Kabupaten Banjar. Jadi tidak benar-benar di Kota Banjarmasin. 

Penjual Baju di Samping Restauran Hotel Amaris | @kaekaha
Penjual Baju di Samping Restauran Hotel Amaris | @kaekaha

Tapi karena letaknya yang hanya sepelemparan batu dari gerbang batas kota Banjarmasin, landmark  berbentuk regol yang begitu megah dan indah penyambut anda jika akan memasuki Kota 1000 Sungai dari arah Bandara Syamsoedin Noor atau dari arah Kalimantan Timur/Kalimantan Utara, plus posisi Kabupaten Banjar sendiri yang sejauh ini juga merupakan bagian dari kawasan strategis Banjarbakula yang dikenal sebagai daerah penyangga Kota Banjarmasin, banyak yang mengira jika kawasan perbatasan ini masuk wilayah Kota Banjarmasin.

Pedagang
Pedagang "Pentol Cucuk" di Pintu Masuk Pasar | @kaekaha
Salah satu keunikan Pasar Ahad yang sepertinya sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional lainnya adalah keberadaan hotel bintang dua yang dikelola oleh jaringan hotel nasional milik grup Kompas -Gramedia, Amaris, tepat di kanan-kiri gerbang pintu masuk utama pasar. Unik kan?

Pedagang Boneka di Samping Pedagang Jengkol dan Kolang-kaling | @kaekaha
Pedagang Boneka di Samping Pedagang Jengkol dan Kolang-kaling | @kaekaha

Jadi, kalau anda berkesempatan jalan-jalan ke Kota 1000 Sungai dan berkesempatan untuk bermalam di Hotel Amaris, apalagi tepat di akhir pekan maka anda akan bisa menikmati beragam sisi unik masyarakat Banjar di Pasar Ahad, Kertakhanyar di Pal 7 ini.

Penjual Kue Tradisional | @kaekaha
Penjual Kue Tradisional | @kaekaha

Sesuai namanya "Ahad", bahasa Banjar yang berasal dari kata serapan bahasa Arab yang dalam bahasa Indonesia berarti Minggu ini, menjadikan hari Minggu sebagai hari pasar, yaitu hari khusus dimana banyak pedagang non reguler atau bukan pedagang harian di Pasar Ahad akan datang dan membuka lapak, beramai-ramai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN