Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Unda Lakian Urang Banjar

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Es Belungka Batu Teman Berbuka Puasa dari Kota 1000 Sungai

17 April 2021   16:11 Diperbarui: 17 April 2021   20:16 562 33 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Es Belungka Batu Teman Berbuka Puasa dari Kota 1000 Sungai
Dok. pribadi

Belungka Batu atau masyarakat nusantara mungkin lebih mengenalnya sebagai timun suri, merupakan salah satu buah yang unik. Meskipun dikenal sebagai buah yang bisa tumbuh di sepanjang musim, tapi kenyataanya buah yang mempunyai citarasa cenderung hambar meskipun mempunyai bau yang sangat harum ketika beranjak menua ini umumnya akan muncul di pasaran  hanya di sekitar bulan ramadan saja.

Wajar, jika kemudian di Kota 1000 Sungai, buah yang juga biasa disebut bilungka rakah, karena kalau tua biasanya buah ini akan merekah atau retak dan pecah ini di sebuat sebagai buah ramadan.

Bilungka Batu Rakah | @kaekaha
Bilungka Batu Rakah | @kaekaha

Uniknya lagi, karena hanya muncul sekitar sebulan sebelum dan setelah Ramadan, kemunculan belungka batu di pinggir jalanan Kota 1000 Sungai, Banjarmasin nan Bungas dan semua daerah di Kalimantan Selatan bisa juga dijadikan indikasi atau sebagai pertanda waktu kalau bulan ramadan segera tiba.

Sebagai buah Ramadan, tentu Urang Banjar mempunyai resep spesial untuk mengolah buah belungka batu ini menjadi sajian minuman khas yang sangat cocok menjadi teman berbuka puasa.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Umumnya, karena karakter daging buah belungka batu yang bertekstur lembut ketika masak dan merekah ini cenderung bercitarasa hambar, maka biasanya Urang Banjar hanya menjadikan belungka batu sebagai bahan es buah saja, tidak untuk dikonsumsi langsung. 

Uniknya lagi, biasanya Urang Banjar juga cenderung menjadikan buah ini sebagai bahan es buah tunggal saja alias tidak dicampur dengan buah lain, apalagi dengan buah yang punya karekater rasa yang kuat, karena kalau dipaksa dicampur, maka kehadiran belungka batu dalam es buah bisa tidak berarti dan semakin tidak berasa apa-apa, khawatirnya justeru akan tersisih dan terbuang.


Untuk membuat sajian es belungka batu khas Urang Banjar ini, bahan dan cara membuatnya sangat mudah dan sederhana, bahan yang diperlukan,   

  1. Belungka batu yang sudah dikupas dan dipotong dadu atau sesuai selera, 
  2. Es batu secukupnya,
  3. Stroop atau sirup merah (frambozen) atau sesuai selera,
  4. Susu kental manis secukupnya

Baca Juga :  "Belungka Batu" Bertebaran di Pinggir Jalan, Pertanda Ramadan Sebentar Lagi!

Cara Membuat :

  1. Tuangkan kedalam gelas atau wadah lain sesuai kebutuhan, es batu secukupnya,
  2. Masukkan buah belungka batu secukupnya sesuai selera,
  3. masukkan susu dan sirup secukupnya sesuai selera
  4. Siap dihidangkan untuk berbuka puasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN