Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Unda Lakian Urang Banjar

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

"Belungka Batu" Bertebaran di Pinggir Jalan, Pertanda Ramadan Sebentar Lagi!

11 April 2021   14:22 Diperbarui: 11 April 2021   14:26 465 27 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Belungka Batu" Bertebaran di Pinggir Jalan, Pertanda Ramadan Sebentar Lagi!
Pedagang Belungka Batu di Bati-Bati, Tanah Laut, Kalsel | @kaekaha

Nusantara Menyambut Ramadan

Setiap mendekati bulan Ramadan, masing-masing entitas masyarakat muslim di berbagai pelosok nusantara dan juga dunia, pada umumnya mempunyai tradisi dan atau fenomena sosial khas berbasis kearifan lokal yang biasanya akan selalu memunculkan aktifitas unik yang juga bisa berfungsi sebagai penanda akan datangnya bulan suci yang diyakini penuh berkah, sehingga kehadirannya menjadi yang paling dinanti oleh seluruh Umat Islam.

Baca Juga :  Perjalanan Panjang Pasar Wadai Mewarnai Ramadan di Kota Banjarmasin

Di Kota 1000 Sungai, Banjarmasin nan Bungas dan sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan ada beberapa "penanda" semakin dekatnya kehadiran bulan Ramadan, yaitu munculnya penjual buah belungka batu atau ada juga yang menyebutnya sebagai bilungka batubelungka rakah dan belungka masak di pinggir-pinggir jalanan dan juga mulai munculnya pasar wadai di berbagai tempat.

Stok Belungka Batu Melimpah Setiap Menjelang Ramadan | @kaekaha
Stok Belungka Batu Melimpah Setiap Menjelang Ramadan | @kaekaha

Sayangnya, karena pandemi covid-19 yang melumpuhkan dunia, penyelenggaraan even tradisional Pasar Wadai Ramadan yang ikonik, sejak Ramadan 1441 H/ 2020 yang lalu dan sepertinya berlanjut pada Ramadan 1442 H/ 2021 tahun ini, secara resmi pemerintah Kota Banjarmasin tidak akan menyelenggarakan tradisi tahunan khas Urang Banjar, Pasar Wadai Ramadan.

Berbeda dengan even Pasar Wadai Ramadan yang tahun ini kembali absen meramaikan syiar Ramadan, maka kehadiran para pedagang buah belungka batu yang tersebar di pinggir jalan sejak sebulan terakhirsepertinya tetap akan melanjutkan tradisi tahunan untuk memberi tanda, semakin dekatnya kehadiran bulan suci Ramadan bagi masyarakat Kota Banjarmasin dan juga banua Kalimantan Selatan.

Memasuki bulan Syaban atau sebulan sebelum Ramadan tiba, pedagang belungka batu biasanya sudah mulai bermunculan di tepian jalan Kota 1000 Sungai dan juga daerah-daerah lain di Kalimantan Selatan.

Lapak Penjual Belungka Batu di Pinggir Jalan Bati-Bati | @kaekaha
Lapak Penjual Belungka Batu di Pinggir Jalan Bati-Bati | @kaekaha

 Di sepanjang jalan Ahmad Yani, jalan lintas/poros Kalimantan yang menghubungkan semua propinsi di Pulau Kalimantan, sekaligus menjadi etalase utama Kota Banjarmasin dan sekitarnya, biasanya menjadi tempat pertama yang paling banyak "menyediakan" buah belungka batu, khususnya setelah keluar dari batas kota Banjarmasin di KM 6.

Baca Juga :  Munculnya Belungka Batu, Pertanda Kota Banjarmasin Memulai Ramadan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x