Mohon tunggu...
Kartika Eka H
Kartika Eka H Mohon Tunggu... Perajin Souvenir

...penikmat musik, traveling, fotografi, bola, buku cerita, humaniora dan kuliner berkuah kaldu ..... ingin sekali keliling Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pasukan Pelangi dan Budaya Tidak Tertib Kita

12 September 2019   22:57 Diperbarui: 14 September 2019   15:12 0 13 3 Mohon Tunggu...
Pasukan Pelangi dan Budaya Tidak Tertib Kita
Pasukan Pelangi (FB KataKita)

Masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta tentu masih ingat dengan video heroik seorang anggota Pasukan Oranye yang menyelam ke dalam got hitam pekat, demi mengambil sampah-sampah yang menyumbat saluran air!?

Apa dan siapa itu Pasukan Oranye?

Pasukan Oranye yang "berani mati"sehingga  sempat menjadi buah bibir masyarakat sekaligus mengundang keprihatinan beberapa pihak termasuk Pemprov DKI sendiri, sehingga sempat menegur "kesatuan" ini adalah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang lahir dari Pergub DKI Nomor 169 Tahun 2015, mengenai penanganan prasarana dan sarana umum tingkat kelurahan. 

Mereka pekerja harian lepas (PHL) khusus yang diberi mandat langsung dari masing-masing kelurahan di Jakarta untuk menjaga lingkungan (khusus) di lingkup kelurahan.

Pasukan Pelangi (liputan6.com)
Pasukan Pelangi (liputan6.com)

Uniknya, Ibu kota Jakarta ternyata tidak hanya mempunyai Pasukan Oranye saja untuk menjaga lingkungan, khususnya untuk menjaga kebersihan dan kelancaran saluran air di seluruh Jakarta

Dinas-dinas di Pemprov DKI ternyata sudah sejak lama memiliki "pasukan khususya" masing-masing. 

Dinas Tata Air DKI dengan seragam berwarna biru, sehingga dijuluki sebagai Pasukan Biru.  

Setiap hari, terutama ketika musim penghujan dan banjir mengancam mereka bekerja siang dan malam mengawasi dan membersihkan kali-kali di Jakarta. 

Ada cerita menarik terkait dengan warna biru yang menjadi "seragam tempur" pasukan ini. Ternyata, pasukan ini baru saja mengganti warna kebesaran mereka dari warna oranye menjadi biru, dengan maksud agar tidak tertukar dengan Pasukan Oranye (PPSU) yang khusus memantau lingkup kelurahan. Mereka dijuluki Pasukan Biru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3