Mohon tunggu...
Kartika Eka H
Kartika Eka H Mohon Tunggu... Perajin Souvenir

...pembuat souvenir dan penikmat kuliner berkuah kaldu ..... ingin sekali keliling Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Cantiknya "Gushonu Hana" Membuatku Berani Jatuh Cinta Lagi!

21 September 2019   20:13 Diperbarui: 22 September 2019   08:24 0 19 7 Mohon Tunggu...
Cantiknya "Gushonu Hana" Membuatku Berani Jatuh Cinta Lagi!
bunga Gushonu Hana | Dokpri

Gushonu Hana yang di Indonesia biasa disebut dengan Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) merupakan salah satu tanaman unik yang tidak ada duanya, terkhusus dari sudut penamaannya di Indonesia.

Bunga yang aslinya berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman pagar sekaligus sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis ini merupakan satu-satunya bunga di Indonesia yang mempunyai nama atau sebutan populer.

Nama tersebut diambil dari fungsi, manfaat, atau kegunaan kelopak bunganya yaitu sebagai bahan semir sepatu. Itulah asal-usul bunga eksotis ini dinamai bunga sepatu.

Sedangkan nama Gushonu Hana merupakan penyebutan kembang sepatu di bagian selatan Okinawa-Jepang yang berarti bunga kehidupan sesudah mati.

Maka, tidak heran jika di Okinawa bunga nasional negeri jiran Malaysia yang biasa disebut dengan Bunga raya ini banyak ditanam sebagai tanaman pagar di area pemakaman.

Kembang sepatu merupakan salah satu jenis bunga tanaman semak dari suku Malvaceae yang sama sekali tidak mengeluarkan aroma. 

Bunga yang datang dari masa lalu alias zaman dulu yang sampai sekarang masih tetap eksis menjadi pilihan para pecinta tanaman hias. Konon, karena bunga ini mempunyai banyak manfaat dan kegunaan, selain sebagai bahan untuk semir sepatu.

Dari moyang saya, warna-warni indahnya bunga yang biasa didominasi oleh warna-warna cerah yang ngejreng itu dipercaya bisa menambah optimisme dan rasa percaya diri hanya dengan cara memandanginnya, lho!

Kembang Sepatu Merah (dokpri)
Kembang Sepatu Merah (dokpri)
Mungkin ada benarnya, karena saya juga merasakan sensasi luar biasa ketika mencoba menikmati warna-warni atraktif kembang sepatu milik tetangga yang kebetulan sedang berbunga.

Tidak hanya sekadar indah, ternyata warna-warni "pelangi" yang dihadirkan si Kembang Sepatu juga bisa menjadi penawar mata yang lelah, bahkan juga hati dan pikiran yang juga lelah dengan memandangi warna-warni kelopak bunga sempurnanya yang saat itu sedang mekar hampir bersamaan yang sudah pasti juga menggoda "kumbang-kumbang" untuk datang.

Tidak hanya indah dipandang mata, ternyata menurut ilmu pengetahuan Kembang sepatu tergolong eksklusif, karena kelengkapan elemen bunganya. Karenanya Kembang Sepatu digolongkan pada kelompok bunga sempurna dan lengkap. Naaaaah apa pula itu?.

Kembang Sepatu Orange (dokpri)
Kembang Sepatu Orange (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3