Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lakian Matan Banjar

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Barito Putera Posisi 4 Besar Klub Termahal Liga 1 2018, Jagoanmu?

1 Januari 2019   23:35 Diperbarui: 1 Januari 2019   23:46 660 25 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Barito Putera Posisi 4 Besar Klub Termahal Liga 1 2018, Jagoanmu?
Daftar 5 Klub Termahal Indonesia Liga 1 2018 (Indosport.com)

Awal tahun 2019, PS. Barito Putera Banjarmasin kembali memantik perhatian insan bola tanah air. Setelah berita mantan kapten Timnas U-16, David Maulana merapat ke Barito Putera U-16 menyusul 3 kompatriotnya di timnas, Bagus-Bagas Kahfi dan Mochamad Yudha Febrian, berikutnya giliran gelandang berbakat timnas U-23 Evan Dimas yang menjadi pemantik berikutnya setelah resmi merapat ke Laskar Antasari.  

Baca Juga : Bertemu Bintang Sepakbola di Masjidil Haram

Pemantik perhatian terbaru datang dari transfermarkt, situs web informasi sepakbola yang berbasis di Jerman. Situs milik Axel Springer ini baru saja merilis daftar"squad"  klub termahal Liga 1 Indonesia 2018. Spesialnya, ada kejutan menarik dalam daftar rilis terbaru tersebut, yaitu terdepaknya tim Maung Bandung dari 5 besar, serta kemunculan wakil dari Kota 1000 Sungai PS Barito Putera di posisi 5 besar.  

30 tahun Barito Putra Menuju Juara (Grafis : @kaekaha)
30 tahun Barito Putra Menuju Juara (Grafis : @kaekaha)
Dikutip dari TribunWow.com, dalam rilis transfermarkt.com tersebut menempatkan squad Laskar Antasari, Barito Putera di posisi ke empat dengan nilai pasar mencapai 64,1 miliar rupiah disusul oleh PS. TIRA di posisi terakhir 5 besar dengan nilai pasar 60,8 miliar rupiah.

Baca Juga : Meneladani Sosok Haji Leman, Putra Dayak Pendiri Barito Putera

Untuk posisi 3 teratas ditempati oleh Bali United, PSM Makassar dan sang Juara Liga 1 2018, Persija Jakarta. Bali United tim yang bermarkas di Stadion Wayan Dipta, Gianyar, Bali ini menjadi klub termahal di Liga Indonesia dengan nilai pasar mencapai 4,9 juta Euro atau sekitar 81,6 miliar rupiah.

Barito Putera (Foto : @kaekaha)
Barito Putera (Foto : @kaekaha)
Sedangkan diposisi kedua ditempati oleh tim Juku Eja PSM Makassar dengan nilai pasar yang sama dengan Macan Kemayoran, Persija Jakarta yang menempati posisi ke-3, yaitu sebesar 3,95 miliar Euro atau sekitar 65,8 miliar rupiah. Jawara dan runner up Liga  1 Indonesia 2018 ini dibedakan oleh jumlah pemain asing yang dimiliki, PSM Makassar memiliki 5 pemain asing, sedangkan Persija Jakarta memiliki 4 pemain asing.

Baca Juga : Bergerak Cepat, Barito Putera Resmi Merekrut Evan Dimas

Dalam rilis ini, kejutan berikutnya adalah raibnya Maung Bandung dari daftar 5 teratas klub termahal di Liga 1 padahal sepanjang 2018, Persib Bandung selalu menjadi penguasa daftar klub termahal Liga 1 versi transfermarkt ini. Kali ini Persib Bandung tidak hanya sekedar kehilangan tahtanya sebagai klub termahal, bahkan dalam daft5 besar-pun lepas. Maung Bandung berada di posisi ketujuh dengan total nilai pasar 3,6 juta Euro atau sekitar 60 miliar rupiah.

Squad Barito Putera pada Liga 1 2018 (Foto : liga-indonesia.id)
Squad Barito Putera pada Liga 1 2018 (Foto : liga-indonesia.id)
Nilai pasar Persib Bandung sebenarnya sama dengan Mitra Kukar di posisi 6 yang tahun depan harus berlaga di Liga 2. Keduanya juga sama-sama mempunyai 4 pemain asing, bedanya pada total jumlah pemain yang mengisi squad selama kompetisi berlangsung. Mitra Kukar memiliki total 34 pemain, sedangkan Persib Bandung memiliki total 27 pemain.

Baca Juga : Barito Putera Raih Penghargaan Tim Paling Fair Play di Liga 1 Musim 2018

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan