Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Gita Cinta dari SMA Rasa Milenia

10 Maret 2017   17:09 Diperbarui: 10 Maret 2017   17:37 1175 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gita Cinta dari SMA Rasa Milenia
Adegan Galih dan Ratna (Kredit foto: /id.bookmyshow.com)

Saya menonton Galih dan Ratna pada hari pertama penayangannya sekalipun pada jam pertunjukkan terakhir. Film yang  disutradarai oleh Lucky Kuswandi ini bukan saja  remake, tetapi merupakan tafsir baru-dari film Gita Cinta dari SMA yang dirilis pada 1979. Sekalipun "ideologi" film yang terinspirasi dari novel karya Eddy D Iskandar ini masih terasa, yaitu betapa manisnya kenangan  jatuh cinta pada masa SMA, serta hubungan cinta antara pasangan yang berbeda status secara ekonomi.

Galih dan Ratna merupakan sebuah "counter culture" di tengah booming film dan sinetron remaja yang cenderung menjual mimpi hedonisme, seperti naik mobil mewah, pelesir di luar negeri, tanpa mengajak penonton memikirkan bagaimana mereka bisa meraih kehidupan seperti itu. Sekalipun Ratna anak orang kaya tetapi digambarkan tidak sungkan naik turun angkot, membonceng Galih mengendarai sepeda motor tua, masuk pasar tradisional. 

Selain itu suasana sekolah benar-benar digambarkan sebagaimana sekolah sebenarnya. Guru yang mengajar, pelajaran olahraga,  Ratna yang ditegur karena kaos kakinya pendek,  Tidak ada bully yang berlebihan, atau cewek dengan mata melotot dengan sejuta intrik untuk menyingkirkan saingannya. Galih dan Ratna adalah kisah cinta remaja yang begitu alami.  

Opening Scene dan Akhir Cerita Surprise

Opening scene mengejutkan: Rano Karno dan Yessy Gusman bertemu di stasiun lalu pergi bersama. Penonton pada era Gita Cinta dari SMA segera tahu bahwa penampilan mereka sebagai penghormatan atas peran mereka dalam film itu.  Hingga berapa tahun Rano Karno dan Yessy Gusman adalah ikon remaja, seperti halnya Nicholas "Rangga" Saputra dan Dian "Cinta" Sastrowardoyo era 2000-an. 

Adegan berikutnya Ratna (Sheryl Sheinafia) diantar ayahnya, Oka (Hengky Tornado) untuk dititip di rumah Tantri (Marissa Anita) adik Oka di Bogor.  Oka mempunyai bisnis di luar negeri dan Ratna meneruskan SMA-nya di kota hujan itu.  Cerita bergulir ke Galih (Refal Hady) mengendarai motor tuanya ke rumahnya mengantar pesanan ibunya (Ayu Dyah Pasha), seorang single parent

Galih digambarkan kerap membawa walkman dan mendengar mixtape, serta menyisihkan waktu sepulang sekolah mengurus toko kaset milik almarhumnya ayahnya "Nada Music". Toko itu secara bisnis bangkrut, karena pada era digital mereka yang masih melirik kaset hampir tidak ada.

Ratna jatuh hati pada Galih yang dianggapnya berbeda dari remaja lain.  Mereka berkenalan di belakang sekolah dan saling bertukar cerita, dan saling jatuh cinta.  DalamGalih dan Ratna yang digambarkan punya bakat untuk menyanyi adalah Ratna, namun terpendam karena tidak diasah. Passion-inilah yang dikeluarkan oleh Galih. 

Cerita bergulir Ratna bersimpati pada kenekatan Galih mempertahankan peninggalan almarhum ayahnya. Sementara Ratna juga single parent, karena ibunya pergi meninggalkan ayahnya ketika masih kecil kerap mendengarkan lagu 1980-an seperti “Sakura dalam Pelukan” oleh Fariz RM.

Ratna  membantu Galih memperjuangkan toko kaset-nya. Namun ada perbedaan yang membuat hubungan mereka menjadi terganggu, bahkan menghancurkan.

Ratna dan Galih mengemas kekinian dengan baik. Media sosial benar-benar menjadi acuan remaja. Erlin (Stella Lee) kawan Ratna digambarkan seorang beauty blogger dan Mimi  (Rain Chudori)  kecanduan mengajukan petisi, hingga membuat kawan-kawannya kadang terganggu. Benturan antara keinginan orangtua dan keinginan anak bukan saja pada Ratna, tetapi juga pada Galih.  Misalnya Ibu Galih menginginkan anaknya kuliah mendapat beasiswa dan akhirnya meneruskan biaya sekolah adiknya. Sementara Oka meremehkan niat Ratna meneruskan sekolah musik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x