Mohon tunggu...
Tn. Darling
Tn. Darling Mohon Tunggu... Menulis ketika ingin. Rehat ketika ingin. Mengkritik ketika diperlukan. Diam ketika mengendalikan. Seorang penulis lepas yang kadang omong kosong di dalam tulisannya. Namun kadang menyelipkan pesan tersembunyi di dalam tulisannya. Sekian.

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Andong, Trek yang Cocok untuk Pemula

8 Desember 2019   11:05 Diperbarui: 8 Desember 2019   11:13 12669 1 1 Mohon Tunggu...
Andong, Trek yang Cocok untuk Pemula
dokumentasi pribadi

Naik gunung merupakan aktivitas alam yang belakangan semakin ramai peminatnya. Di Indonesia sendiri peminat naik gunung meningkat tinggi semenjak dirilisnya film 5cm yang dibintangi oleh Herjunot Ali, Fedi Nuril, Raline Shah, Denny Sumargo, Pevita Pearce, dan Saykoji. Film tersebut berceritakan kelompok sahabat yang pergi menuju puncak Gunung Semeru untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Euforia dari film tersebut membuat angka pendaki melonjak drastis di berbagai penjuru Indonesia. Banyak anak muda yang mulai melakukan aktivitas alam ini. Tentunya ada yang memang sebagai hobi, dan ada juga yang tujuannya agar dianggap keren dengan memamerkan foto-fotonya di media sosialnya. 

Nah, untuk yang baru akan memulai melakukan aktivitas naik gunung tentu tidak boleh sembarang. Ada kegiatan pra-naik gunung. Misalnya dengan olahraga minimal satu minggu sebelum tanggal naik, yang dilakukan setiap hari. Tidak dianjurkan untuk langsung menjajaki gunung yang terlalu tinggi. Pemula disarankan untuk memulainya dengan gunung yang memiliki trek pendakian yang ringan. 

Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang saya rekomendasikan untuk pemula. Trek pendakian tidaklah berat. Trek biasanya ditempuh dalam 2-3 jam saja. Ya, trek yang cukup ringan untuk kita coba. Jangan heran nantinya akan menemui pendaki lain yang tektok, alias naik ke puncak dan hanya beristirahat sebentar di atas, lalu kembali turun (tidak menginap). 

Apabila mulai mendaki sekitar jam 3 sore, kita berkesempatan untuk melihat langit senja dengan siluet gunung yang lain di kejauhan sebelah barat. Sungguh beruntung saya waktu itu memulai pendakian pada waktu tersebut, sehingga bisa menyaksikan pemandangan yang indah itu. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Saya dan teman-teman memang sengaja memilih waktu pendakian tersebut karena memang mengincar pemandangan matahari terbenam yang menghias langit senja, serta agar bisa menyaksikan matahari terbit yang menyilaukan ketika fajar mulai menyingsing di pagi hari. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dari atas Gunung Andong di pagi hari, kita akan menyaksikan pemandangan permukiman penduduk di lereng gunung yang menakjubkan. Kita juga dapat melihat pemandangan gunung-gunung lain yang bertetangga dengan Gunung Andong. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Tak perlu khawatir bila kehabisan stok makanan. Di atas terdapat kantin. Kita bisa makan dan minum di kantin tersebut. 

Kita juga perlu mempersiapkan pakaian hangat, sebab suhu udara di puncak Anding sangatlah dingin. Meski hanya memiliki ketinggian 1726 MASL, suhu udara siangnya masih cukup dingin untuk membuat kita gemetar kedinginan. Masalah air tidak perlu khawatir. Sedikit turun saja dari atas kita bisa mendapatkan air yang segar, langsung dari alam. Cukup membawa wadah saja untuk menyimpan air. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x