Mohon tunggu...
Junius Imanuel Tarigan
Junius Imanuel Tarigan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Oke

Masih Pemula

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tim Kesehatan Undip Melakukan Pemeriksaan Terhadap Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru

21 Februari 2022   15:00 Diperbarui: 21 Februari 2022   20:09 158 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Pengabdian Masyarakat Undip dipimpin dokter Abdul Mughni sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga terdampak erupsi Semeru. (Dokpri)

Pada Sabtu (19/2), Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru yang dilaksanakan di Balai Desa Sumber Wuluh. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 03.00 sore hari. 

Terdapat 111 warga di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang yang berpartisipasi pada kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dengan antusias. Para warga sudah mengantre sejak pagi untuk diperiksa keadaannya oleh para tenaga kesehatan. Umumnya, kegiatan ini dihadiri oleh warga yang sudah berumur dan lanjut usia.  

“Kami memeriksakan bapak yang sakit, dengan harapan dokter Undip dapat memberi advice pada kesehatan bapak,” tutur putra bapak Giran -berumur 95 tahun- yang ikut memeriksakan kesehatan orang tuanya pada bakti Kesehatan Undip pada hari Sabtu pagi. “Alhamdulillah sudah dapat obat dan diberi advice untuk kesembuhan bapak,” ucapnya syukur.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini diadakan oleh tim dokter Undip dan tim perawat dari Semarang yang berkolaborasi dengan kegiatan KKN Undip Peduli Warga Terdampak Erupsi Semeru yang telah dimulai sejak akhir Januari 2022 lalu dan akan dilangsungkan hingga 14 Maret 2022.

Petugas menyiapkan alat-alat kesehatan (Dokpri)
Petugas menyiapkan alat-alat kesehatan (Dokpri)
Dokter Sri Winarni, salah satu dokter yang memeriksa pasien mengatakan, keluhan warga sangat bervariasi, mulai penyakit yang bersifat degeneratif, penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), hingga tumor.                                                                                                       

Pada pengabdian ini juga dilakukan pemeriksaan cek kolesterol, asam urat, dan gula darah. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, yaitu dokter Bayu turut hadir dan ikut meninjau pengabdian masyarakat Undip, sekaligus memberikan apresiasi untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lumajang.

Warga melakukan konsultasi (Dokpri)
Warga melakukan konsultasi (Dokpri)

Sementara Sekretaris Desa atau carik Sumber Wuluh, Syamsul Arifin berterimakasih kepada Undip yang sudah bersedia hadir di Desa Sumber Wuluh dan mengobati warganya. “Kami sangat senang, berharap jika KKN di masa mendatang Undip akan dapat melakukan bentuk pengabdian lainnya di desa ini,” tuturnya.

“Syukur, Alhamdulilah Undip sudah berperan serta di warga kami,” pungkas Pak Carik yang kediamannya menjadi posko kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh KKN Undip Peduli Semeru 2022.

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap warga (Dokpri)
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap warga (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan