Mohon tunggu...
Junimarlinda Rambe
Junimarlinda Rambe Mohon Tunggu... Belajar dan terus belajar

Berbagi itu indah. https://rambejunimarlinda85.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dahsyatnya Sedekah

6 Februari 2021   23:11 Diperbarui: 10 Februari 2021   11:57 225 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dahsyatnya Sedekah
Foto Canva

Sedekah berasal dari kata bahasa Arab shadaqah, yang berarti benar, dalam arti benar beriman kepada Allah.

Sedekah (Bahasa Arab transliterasi: sadakah) adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal, atau perbuatan baik. Dalam sebuah Hadist digambarkan, " Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah."Wikipedia

Menurut peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan dalam surat Al-Baqarah ayat 271,

malaika

Artinya : "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Berbagi atau bersedekah merupakan anjuran dalam Islam, yang bertujuan untuk meringankan atau membahagiakan orang lain. Karena senang dan bahagia tak akan selamanya dirasakan, ada kalanya rasa terhimpit dan kesusahan datang.

Sedekah pun dapat dilakukan kapan dan dimanapun berada, tidak mengenal waktu dan tempat.

Dari sekian banyak waktu untuk bersedekah, waktu yang paling istimewa adalah waktu subuh. Sedekah subuh adalah dimana saat yang tepat untuk kita "bersedekah", akan ada dua malaikat yang akan mendoakan kita. 

Mengapa subuh?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN